Berat Badan Anda Naik Setelah Lebaran? Awas, Ada Penyakit Mengintai

Ilustrasi Berat Badan Anda Naik Setelah Lebaran.(Foto: Sciencenews).

Tidak hanya kalori, makanan yang mengandung gula dalam santapan lebaran, seperti kue kering dan minuman manis jika dikonsumsi sering dalam porsi banyak juga menjadi pencetus kenaikan berat badan hingga obesitas terjadi lebih cepat serta mudah terserang penyakit diabetes.

Selain karena makanan tinggi kalori dan gula, penyebab berat badan naik dengan cepat juga bisa jadi karena kurang tidur dan kurang aktivitas fisik. Saat mudik, seringnya kita kurang beristirahat dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersantai.

Baca Juga:  Begini Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan, Simak Ini!

Saat tubuh kurang tidur, hormon insulin, leptin dan ghrelin menjadi tidak seimbang yang dapat memicu nafsu makan lebih tinggi sehingga durasi dan porsi makan bisa lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga:  Calon Ibu Mesti Tahu! Tiga Vitamin Ini Dibutuhkan untuk Ibu Hamil

Ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga maka tubuh akan mengalami surplus kalori atau jumlah kalori yang masuk akan lebih banyak daripada yang dibakar. Kelebihan kalori dalam tubuh jika tidak habis terbakar akan menjadi timbunan lemak dan berat badan akan melonjak naik.

Baca Juga:  Siap-siap! BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis, Kuotanya 80.000 Orang

Dr Yosef menyampaikan, sesekali tidak mengapa memberikan tubuh makanan enak tapi saat menyantapnya tidak terlalu cepat agar bisa menikmati makanan tersebut dan tubuh tidak tergesa-gesa memproses makanan.