10 Pemuda Bermotor Keliling Pulau Jawa Menyuarakan Bahaya Napza

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 10 pemuda akan berkampanye berkeliling pulau Jawa menggunakan kendaraan roda dua, menyuarakan bahaya penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).

Kampanye bertajuk Back to Zero Part 2 itu digelar dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang didukung Yayasan Grapiks dan Forum Bandung Sehat (FBS) ini, melibatkan anak muda Kota Bandung yang juga mantan pengguna narkoba. Kesepuluh pemuda tersebut akan berkeliling selama sepekan sejak Minggu (30/6/2019).

Sebelumnya Back to Zero Part 1 diselenggarakan tahun 2018 dengan rute Bandung – Sabang, ujung Sumatera bertempat di Nol (0) Kilometer.

Baca Juga:  Viktus Murin: Rapimnas Golkar Tak Memuat Substansi Munas

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Ketua Umum Forum Bandung Sehat (FBS), Siti Muntamah melepas kampanye ini usai salat Subuh berjamaah di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Minggu (30/6/2019).

Wali kota mengapresiasi Back to Zero Part 2 ini. Menurutnya, sebagai manusia wajib menjadi lebih baik meskipun sudah memiliki kesalahan ataupun perbuatan yang menyimpang. Kembali ke fitrah merupakan tujuan yang mulia.

Apapun kesalahannya, ia berpesan agar kembali ke Allah SWT sebagai Tuhan untuk manusia dan memohon ampunan serta meminta petunjuk. “Kegiatan ini bagus, mengampanyekan bahaya narkoba kepada masyarakat. Dengan ini maka mereka akan mengetahui begitu bahayanya narkoba,” katanya.

Baca Juga:  Korlantas Siapkan Pengamanan di Jalur Mudik Lebaran 2022

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi Jawa Barat, Anas Saepudin menyampaikan, komunikasi dan pola asuh anak dalam keluarga merupakan salah satu kunci utama untuk mengedukasi bahaya narkoba.

“Jika sudah mengetahui, maka kurangi stigma kepada korban narkoba. Kita rangkul untuk memberikan semangat hidup yang lebih baik,” katanya.

Sedangkan Ketua Rombongan Bikers “Bike to Zero”, Rosan Januar Ishak dan teman-temannya merasa bisa mengampanyekan bahaya narkoba ke setiap penjuru di Indonesia. Salah satunya ketika Back to Zero Part 1.

“Meskipun perjalanan panjang, kita nikmati saja. Motor kita tua-tua juga ya enjoy. Terpenting niatnya ikhlas,” tuturnya.

Baca Juga:  Waduh.. Dua Jenis Ikan Pari Ini Masuk Daftar Spesies Terancam Punah

Rosan mengatakan, untuk kampanye kali ini akan mengelilingi pulau Jawa. Dimulai dari Kota Bandung. “Kita pakai jalur utara, nanti ke ujung Jawa, yaitu Alas Purwo di Banyuwangi. Kita ke sana nantinya,” tutur Rosan.

Para peserta Back to Zero Part 2 yaitu, Rosan Januar Ishak, Maryono, Aris Setiawan, Jundullah Muhammad Fauzan, Willy Ramadhani, Ali Komaeni, Lucky Darmawan, Alam Rahim, Ireng Prayoga, dan Adul Hafid.

Sedangkan motor yang digunakan antara lain, Honda GL 1980, 1986, Honda Tiger 1996, 1997, Honda GL Pro 1996, Honda Win 2001, dan Yamaha Spesial. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat