29 Media AMSI Tandatangani Komitmen Bersama, Siap Adopsi Trustworthy News Indicators

Penandatanganan komitmen bersama anggota AMSI dalam mengadopsi dan memenuhi trustworthy news indicators di Hotel Ashley Menteng Jakarta.
Penandatanganan komitmen bersama anggota AMSI dalam mengadopsi dan memenuhi trustworthy news indicators di Hotel Ashley Menteng Jakarta.. (foto: istimewa)

Proses penyusunan 11 indikator ketepercayaan media dimulai dengan serangkaian diskusi di Jakarta, Bali dan Makassar pada Oktober 2021 untuk menyerap aspirasi dan pandangan publik tentang indikator media yang mereka percayai.

Pada tahun 2022, AMSI melakukan penelitian mendalam  dengan machine vetting dan human vetting. Jumlah media yang diperiksa 1262. Media yang memenuhi brand safety berdasar standar GARM (Global Alliance Resposible for Media) sebanyak 687 media, terdiri dari 367 media anggota dan sisanya media non anggota.

Baca Juga:  Bisa Buat Siswa Lebih Mandiri, Pakar Beberkan Peluang Edutech Pijar

Tahun 2023 AMSI juga kembali meneliti 526 media baik dengan mesin maupun manual analisis konten oleh para periset. AMSI juga menggelar tiga kali workshop pada 2023, dengan melibatkan para pemangku kepentingan meliputi pengusaha, ekonom, akademisi, penyelenggara negara, lembaga survei, dewan pers, tokoh perempuan, mahasiswa, jurnalis dan pemilik media. Rangkaian program penyusunan Trustworthy News Indicator oleh AMSI,  mendapat dukungan Internews dan USAID Media.

Baca Juga:  Mesti Turunkan Angka Pengangguran, Ini Jurus Disnakertrans Garut

Direktur Eksekutif AMSI, Adi Prasetya, dalam laporan pelaksanaan program menyatakan, rumusan 11 indikator ketepercayaan media adalah langkah AMSI untuk meraih kembali kepercayaan publik dan brand safety. Rumusannya merujuk kode etik jurnalistik, standar dunia periklanan internasional GARM, dan pedoman pemberitaan media siber. Selengkapnya indikator itu, bisa disimak di website www.asmi.or.id/trust-worthy-news/.

Baca Juga:  AMSI Konsisten Bangun Ekosistem Media Sehat dan Berkualitas