650 Ribu Lebih Warga Purwakarta Bakal Nyoblos Di Pilkada 2018

JABARNEWS | PURWAKARTA – Lebih dari 650 ribu warga Kabupaten Purwakarta masuk daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Jawa Barat serta Pilbup Purwakarta 2018. Jumlah tersebut ditetapkan oleh KPU Purwakarta pada rapat pleno terbuka penetapan DPT.

“KPU sudah menetapkan untuk DPT di Purwakarta sebanyak 656.265 orang. Dengan rincian laki-laki sebanyak 329.609 orang, dan perempuannya 326.656 orang,” kata Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana usai rapat pleno di Kawasan Grama Tirta Jatiluhur, Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (19/4/2018).

Baca Juga:  PPP Cianjur Siapkan Strategi Jitu Hadapi Kampanye Hitam Pilkada 2020

Jumlah DPT yang didapat itu hasil dari perhitungan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Purwakarta. Ramlan menyebut ada kenaikan jumlah dari Daftar Pemilih Sementara yang sebelumnya diumumkan.

Baca Juga:  Berhemat, Lampu dan AC di Bandara Kertajati Dimatikan

“Dari DPS itu terhitung sejumlah 654.353, berarti ada kenaikan sekitar 2.000-an pemilih, ya,” ucapnya.

Dari DPT yang telah ditentukan itu, sekitar 32 ribu ialah para pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti pemilu.

Jumlah yang cukup signifikan, kata Ramlan, pasalnya ada juga remaja tersebut yang baru menginjak 17 tahun di sekitar tanggal pencoblosan.

Baca Juga:  Solusi Belajar di Masa Pandemi, Disdik Garut Gunakan Radio dan Televisi

“Mereka memang statusnya pemilih pemula. Bahkan yang di sekitar dan tepat di tanggal 27 Juni ada yang baru 17 tahun, cukup banyak,” ujar Ketua KPU Purwakarta. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat