Airlangga Hartarto Targetkan Penjualan Mobil Listrik Capai 200.000 Unit per Tahun

Airlangga
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan penjualan mobil listrik di Indonesia mencapai 200.000 unit per tahun.

Airlangga mengatakan bahwa semakin banyaknya produsen mobil listrik yang masuk ke Indonesia, sehingga menargetkan penjualan mobil listrik di dalam negeri, baik mobil listrik murni maupun hybrid.

Baca Juga:  AHY Temui Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ada Apa???

“Sekarang (penjualan) masih 80.000 (unit) termasuk hybrid, jadi yang terbanyak masih Toyota Kijang Innova Hybrid. Tentu kami berharap bisa meningkat ke 200.000 setahun targetnya,” kata Airlangga kepada wartawan saat peluncuran mobil listrik Omoda E5 Chery Indonesia, di Jakarta, Senin (6/2/2024).

Baca Juga:  Pohon Bambu Tumbang Timpa Tiang Listrik di Jalan Raya Ciluluk-Cijapati

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia pada 2023 hanya mencapai 17.051 unit, sedangkan mobil hybrid 54.179 unit, sehingga total penjualan mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia pada tahun lalu adalah 71.230 unit.

Baca Juga:  25 Polisi Tak Profesional Tangani TKP Duren Tiga, Kapolri Keluarkan Surat Telegram Khusus

Airlangga menjelaskan, ada dua faktor utama untuk mendorong pasar mobil listrik di Indonesia adalah harga yang kompetitif dan modernisasi kendaraan. Menurut dia, dengan dua faktor ini, pasar mobil listrik di Indonesia akan tumbuh pesat.