Aksi Heroik Anggota TNI Bantu Wanita ODGJ Melahirkan

JABARNEWS | GARUT – Empati dan rasa kemanusaiaan Tiga anggota TNI dari Koramil 1101/Garut Kota tergugah saat melihat seorang wanita yang hendak melahirkan di pinggir Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Meski tak memiliki riwayat sebagai ahli medis, ketiga anggota TNI itu adalah Serka Widada, Sertu Deden, dan Serda Dede Cahyana. Pada Minggu (3/5/2020) malam, dibantu salah seorang petugas kesehatan dari Rumah Sakit Guntur, mengevakuasi seorang wanita yang hendak melahirkan di emper toko di Jalan A Yani.

Baca Juga:  Renovasi Jembatan Asa, Satukan Pemuda Di Purwakarta

“Ya betul, tadi tiga anggota kami turun ke lokasi membantu evakuasi seorang wanita yang hendak melahirkan di pinggir jalan. Mereka dibantu petugas kesehatan dari RS Guntur,” kata Danramil 1101/Garut Kota, Kapten Arh Edi Waryanto, saat dikonfirmasi pada Minggu (03/05/2020) malam.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapat dari warga sekitar, bahwa wanita yang melahirkan itu adalah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Tidak diketahui persis siapa namanya dan berasal dari mana.

Baca Juga:  Cegah Stunting, DPPKB Purwakarta Sosialisasikan 1000 HPK

“Ketika menerima laporan dari warga tentang adanya wanita yang hendak melahirkan tergeletak di pinggir jalan, ketiga anggota kami itu langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Kami pun meminta bantuan petugas kesehatan dari RS Guntur,” ujar Edi.

Ia menerangkan, wanita itu melahirkan bayinya di Rumah Sakit Guntur setelah dievakuasi dari pinggir jalan. Bahkan sampai saat ini pun ia masih dirawat di RS Guntur.

Baca Juga:  Kodim 0619 Purwakarta Bantu Atasi Krisis Air Bersih

“Kami sedang berkoordinasikan dengan pihak Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut,” kata Edi.

Saat ditanya, imbuh Edi wanita itu tidak bisa menjawab dengan baik. Petugas sedang mencari keluarga perempuan tersebut agar bayinya bisa dirawat dengan baik.

“Kemungkinan keluarganya orang Garut, saat ini kita sedang berusaha mencarinya,” pungkasnya. (Red)