Atalia Datangi Sejumlah Rumah Warga di Paledang Bandung, Ada Apa?

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua TP-PKK Jawa Barat Atalia Praratya turun langsung membagikan masker pada warga di kawasan RW 02 Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Bandung pada Selasa (18/8/2020). Mendatangi rumah-rumah warga, pembagian masker dilakukan dalam rangka Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker).

Dalam kesempatan yang sama, Atalia bersama kader PKK lainnya turut menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker, serta bahaya Covid-19 untuk meningkatkan kedisiplinan warga agar terhindar dari penularan. Menurut istri Gubernur Jabar Ridwal Kamil itu, sosialisasi disambut baik oleh masyarakat.

Baca Juga:  Tolak Ekstremisme, Politisasi Identitas dan Agama! Presiden Jokowi: Kita Sambut Pemilu 2024 dengan Kedewasaan

Tak hanya kepada warga penghuni kawasan tersebut, Tim Gebrak Masker juga membagikan masker kepada pedagang dan tukang ojek. Atalia menjelaskan, Gebrak Masker digelar di seluruh Jabar oleh kader PKK bersama anggota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK).

Menurut Atalia, meski wilayah perkampungan rata-rata tidak terdapat kasus Covid-19, bukan berarti warga tak perlu waspada dan abai terhadap protokol kesehatan. Terlebih, Covid bisa menyerang siapa saja.

“Masih ada warga yang merasa dirinya akan aman dari penularan, padahal Covid-19 bisa ada di mana saja tanpa memandang tempat dan orangnya,” tutur Atalia.

Baca Juga:  Momen Hari Bhayangkara Puluhan Personel Polres Purwakarta Naik Pangkat

Lebih lanjut Atalia mengingatkan, memakai masker tak kalah efektif dengan penerapan PSBB sebagai upaya memutus rantai penularan Covid. Memakai masker justru punya kelebihan tidak mengganggu produktivitas karena warga masih bisa beraktivitas, yang artinya perekonomian tidak terdampak besar seperti halnya jika PSBB diterapkan.

“Mencuci tangan dan menjaga jarak juga tak kalah penting tapi masker adalah yang utama,” katanya menegaskan.

Baca Juga:  Simak! Fitur Baru Instagram Ini Dukung UMKM Lokal

Gebrak Masker merupakan program yang digagas TP-PKK Pusat berkolaborasi dengan IKAPTK untuk membagikan masker ke seluruh Indonesia. Ketua TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian melepas Tim Gebrak Masker pada Senin (17/8/2020).

Di Jabar, TP-PKK akan membagikan 438 ribu masker kepada seluruh warga. Sekurang-kurangnya 100 orang kader PKK dan 50 orang anggota IKAPTK ditunjuk selaku koordinator di setiap provinsi dalam Gebrak Masker yang bertujuan membantu pemerintah menanggulangi Covid-19. (Red)