Atasi Kepadatan Saat Mudik Lebaran, Korlantas Siapkan Skema Rekayasa Lalin

Mudik lebaran

JABARNEWS I JAKARTA – Sejumlah skema rekayasa lalu lintas telah dipersiapkan Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) menghadapi musim mudik lebaran 2022. Hal ini dikatakan Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi.

Eddy menyebutkan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan di ruas tol, jalur arteri hingga kawasan wisata. Tiga lokasi tersebut nyatanya kerap menjadi simpul kemacetan terlebih pada momen-momen libur dan hari raya keagamaan.

Baca Juga:  Puasa Syawal Bisa Jadi Solusi Adaptasi Pencernaan Lagi, Ini Penjelasanya

“Petugas akan melakukan pengaturan parkir, termasuk pengaturan rawan macet oleh tim urai. Adapun jalur tol yang berpotensi macet ada di gate tol, bottle nek, rest area termasuk kendaraan yang mengalami masalah.” katanya melansir dari laman resmi Korlantas, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga:  Inilah Tips Merawat Tubuh Usai Melahirkan

Ia menerangkan, hambatan yang kerap muncul di jalur arteri yakni adanya pasar tumpah, dan sumbangan pembangunan tempat ibadah hingga perlintasan kereta api sebidang. Diharapkan, pemudik yang akan melintasi jalur arteri mewaspadai bila terjadi ketersendatan.

Baca Juga:  Pro Kontra Soal Kata "Anjay", Ini Penilaian Menurut Kak Seto

“Persiapan menghadapi lonjakan pemudik sudah dilakukan survey sejak Februari. Cara bertindaknya sudah dirumuskan. Prediksi puncak arus mudik tanggal 28 April sampai 1 Mei, sedangkan arus balik tanggal 6 sampai 8 Mei,” katanya.