Awas, Ada Hewan Kurban Terjangkit Penyakit Radang Mata

JABARNEWS | KOTA BEKASI – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi menemukan sembilan hewan kurban yang terkena penyakit radang mata. Ke sembilan kambing itu berasal dari tujuh kecamatan di Kota Bekasi.

Dipredikasi, jumlah itu bakal lebih banyak dibandingkan fakta saat ini. Pasalnya, tim masih memeriksa hewan kurban di lima kecamatan lain di wilayah itu.

Baca Juga:  Joko Widodo: Isra Miraj, Perjalanan Agung Nabi Muhammad SAW

“Hewan-hewan itu terjangkit penyakit radang mata akibat terkena virus atau bakteri selama perjalanan dari daerah asal menuju Kota Bekasi.Hewan kurban yang menderita penyakit tersebut terdiri dari sapi, domba, dan kambing. Meski menderita penyakit, namun tidak membahayakan karena langsung diobati petugas di lapangan,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Distanikan Kota Bekasi, Satia Sriwijayanti, dikutip Pojok Bekasi, Jumat (17/8/2018).

Baca Juga:  BPK RI Periksa Sejumlah Desa di Sumedang, DPMD Jabar Sebut Hasilnya

Satia mengatakan, pemerintah daerah melibatkan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam memeriksa kondisi hewan kurban.

Dalam pemeriksaan kali ini, pihaknya menerjunkan enam tim yang melakukan pemeriksaan dan pengawasan di 12 Kecamatan di Kota Bekasi.

“Pemeriksaan hewan qurban di Kota Bekasi dilakukan sejak h-10 dan akan diteruskan sampai nanti h+2 di tempat pemotongan hewan di masjid-masjid,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Alasan Muhadjir Effendy Minta Pemudik dari Kampung Tak Bawa Pendatang Baru ke Kota

Berdasarkan data di Distanakan, pemeriksaan ini dilakukan terhadap 1.911 ekor sapi, 1.664 ekor kambing, dan domba sebanyak 308 ekor.

Rata-rata seluruh hewan itu dikirim dari Wonosobo, Pekalongan, Ponorogi, Madura dan Bali. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat