Awasi Kapal Pukat Trawl, Ini Janji Darma Wijaya Buat Nelayan Desa Sentang

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Nelayan tradisional Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, bakal mendapat sebuah kapal dalam untuk mengawasi kapal pukat trawl yang mengambil ikan di zona nelayan.

“Saya janji akan memberikan sebuah kapal sebagai alat pengawas,” kata Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Darma Wijaya pada jabarnews.com disela acara jamu laut di pantai Silat Bertuah di Desa Sentang, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, banyak nelayan tradisional di Teluk Mengkudu mengeluh menurunnya pendapatan akibat maraknya kapal pukat trawl dari daerah luar Serdang Bedagai mengambil ikan ke zona nelayan tradisional. Untuk itu diperlukan adanya kapal dapat mengawasi keberadaan kapal pukat trawl tersebut.

Baca Juga:  RUU HIP Diganti RUU BPIP, Ini Kata PBNU

“Apabila saya masih dipercaya dan mendapat dukungan masyarakat dan nelayan Desa Sentang melanjutkan pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai, yakinlah janji tersebut akan terwujud,” ucap Darma Wijaya.

Masih katanya, nelayan tradisional Serdang Bedagai menurun pendapatan akibat maraknya pukat trawl dan masih menggunakan alat tangkap sederhana. Untuk mendukung peningkatan pendapatan nelayan lebih maksimal.

Baca Juga:  Ini Cara Buka Usaha Pertashop SPBU Mini Pertamina

“Dukungan dan doa masyarakat Serdang sangat diharapkan agar dapat melanjutkan pembangunan di Serdang Bedagai,” harap Wabup.

Ditempat terpisah, tokoh masyarakat Desa Sentang, H Bahrum mengatakan, adanya bantuan kapal pengawas akan diberikan Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya untuk membantu nelayan tradisional Desa Sentang sangat diharapkan dalam meningkatkan pendapatan nelayan tradisional.

Baca Juga:  Bosan Di Bumi? Yuk Kita Pindah Ke Planet Ini

“Rencana bantuan kapal pengawas sebagai alat pengusir kapal pukat trawl akan sangat membantu nelayan tradisional dalam meningkatkan prekonomian nelayan,” katanya.

Menurutnya, Darma Wijaya sosok yang sangat peduli dan dekat dengan petani dan nelayan. Sehingga bila Darma Wijaya kembali memimpin Kabupaten Serdang Bedagai, maka kesejahteraan petani dan nelayan akan lebih maju.

“Darma Wijaya harus melanjutkan pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai agar nelayan dan petani lebih sejahtera,” bilangnya. (Ptr).