Begini Cara Bisnis Ayam Petelur Agar Hasil Berkualitas

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam bisnis ternak ayam, terdapat dua jenis unggas yang biasa dibudidayakan, yakni ayam petelur dan ayam pedaging. Kedua jenis ayam tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk dibudidayakan.

Namun, saat memilih untuk berbisnis ayam petelur, pemilik usaha tidak perlu repot mencari bibit setiap kali masa panen tiba. Karena ayam petelur dapat menghasilkan telur berulang kali sebelum kemudian membeli bibit ayam lagi. Berbeda dengan jenis ayam pedaging yang disembelih saat masa panen tiba.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara Bisnis Ternak Ayam Petelur yakni:

Baca Juga:  Polda Jabar Pastikan Tidak Ada Penyekatan saat Mudik Idul Adha

Pertama. Cari Lokasi Kandang Ayam yang Jauh dari Pemukiman – Saat akan menggeluti bisnis ini, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang ayam. Pasalnya, jika kandang ayam berlokasi di sekitar area pemukiman, bau dari ayam beserta kotorannya akan sangat mengganggu.

Untuk itu, saat akan membangun bisnis ayam petelur, pastikan Anda memiliki lokasi yang cukup jauh dari area rumah warga. Dengan begitu, keberadaan kandang ayam petelur tidak akan mengganggu siapapun. Selain itu hal tersebut bisa membuat ayam tidak mudah stres.

Baca Juga:  Dana Haji untuk Penguatan Rupiah, Pengamat: Mungkin Saja

Kedua. Pilih Model Kandang Ayam yang Bisa Memaksimalkan Lahan – Dalam membuat kandang, pebisnis dapat memilih salah satu dari dua model kandang ayam petelur. Masing-masing model kandang tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lahan yang dimiliki oleh si pengusaha.

Jenis kandang ayam petelur yang pertama adalah kandang koloni. Model kandang ayam ini hanya mengharuskan peternak untuk menempatkan ayam petelur dalam satu kandang secara bebas. Meski mudah untuk dibuat, kekurangan model kandang seperti ini adalah proses pengumpulan telur yang tidak efektif dilakukan.

Baca Juga:  IBB TV Satelit “Bandung132”, Media Alternatif Baru Pembelajaran Jarak Jauh

Ketiga. Pilih Bibit Ayam Petelur dengan Cermat – Di Indonesia, peternak ayam petelur biasanya menggunakan dua ras ayam, yakni yang menghasilkan telur berwarna putih dan coklat. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua jenis ayam petelur tersebut.

Nah, lanjut ke cara memilih bibit ayam petelur yang tepat, pastikan Anda hanya memilih bibit yang sehat, bulu lebat dan rata, serta tidak memiliki kecacatan fisik. (Red)