Begini Cara Melakukan Identifikasi Peluang Usaha

JABARNEWS | BANDUNG – Melakukan identifikasi peluang usaha merupakan tahapan penting bagi calon pelaku usaha. Ada banyak peluang bisnis yang lewat begitu saja dan tidak memberikan manfaat yang nyata. Karena itu penting melakukan bisnis plan dengan baik.

Melakukan pemetaan dan analisis terhadap peluang yang ada akan membuat Anda paham tentang target market yang akan Anda sasar. Anda juga akan memiliki arah untuk memulai usaha yang akan Anda bangun. Namun banyak orang yang belum mengetahui caranya.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Tak Beri Bantuan Hukum ke Aa Umbara Tersangka KPK

Oleh sebab itu berikut cara mengidentifikasi peluang usaha yakni:

Pertama. Melakukan Analisis SWOT – Analisis SWOT merupakan suatu kegiatan menganalisa sebelum memulai usaha. Tahap ini penting untuk mengenal kekuatan suatu produk, kelemahan, peluang dan hambatannya apa saja yang nanti berpotensi akan kita hadapi ketika usaha akan berjalan.

Analisis ini berguna untuk membantu dalam melihat apa saja potensi yang dapat kita kembangkan dalam sebuah usaha yang kita jalankan. Apa saja kelemahannya yang harus kita perbaiki.

Baca Juga:  Selama PSBB, Ini 19 Titik Pemeriksaan di Kota Bandung

Kedua. Menentukan Target Market – Menentukan target pasar menjadi hal wajib yang harus Anda perhatikan ketika melakukan identifikasi peluang usaha. Terlebih setiap bisnis biasanya memiliki target pasar yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Ada yang target pasarnya mengarah pada semua kalangan. Ada juga yang terbagi ke dalam beberapa kategori segmentasi pasar seperti genre, usia, dan sebagainya.

Baca Juga:  Wagub Jabar Sesalkan Aski Unjuk Rasa Bebaskan Habib Rizieq Berujung Ricuh

Ketiga. Melakukan Inovasi untuk Mengantisipasi Ancaman – Bisnis apapun pasti akan menghadapi ancaman. Baik itu ancaman yang berasal dari dalam atau dari luar perusahaan itu sendiri. Memetakan ancaman juga bagian dari identifikasi peluang usaha.

Oleh sebab itu melakukan inovasi untuk memperbaiki, memperbarui dan memecahkan masalah terhadap produk atau perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Dengan inovasi, pelanggan tidak akan bosan dengan apa yang Anda sajikan. (Red)