Begini Cara Mengatasi Selang Bensin Tersumbat

JABARNEWS | BANDUNG – Cara mengatasi selang bensin tersumbat berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Sistem saluran bensin sendiri merupakan salah satu bagian kendara yang terbilang penting.

Dalam mobil, selang bensin terbagi menjadi 2, yaitu selang karet dan selang logam. Selang logam berfungsi menyambungkan dari tangki bahan bakar menuju mesin. Namun selang tersebut tidak sampai menyentuh mesin, hanya mendekat saja. Sementara selang karet berfungsi untuk menahan getaran mesin.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi selang bensin tersumbat yakni:

Baca Juga:  Sambil Menunggu Vaksin Covid-19, Begini Pesan Yang Disampaikan Satgas Nasional

Pertama. Membersihkan Tangki Kendaraan – Tangki pada kendaraan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun biasanya kondisinya sudah berkarat. Kondisi ini bisa kalian lihat dari sisa bensin di dasar tangki yang berwarna kekuningan. Akibatnya, filter menjadi lebih mudah tersumbat sisa-sisa karat tersebut.

Biasanya selang bensin yang tersumbat ini mengakibatkan kendaraan menjadi tersendat ketika berpacu dengan kecepatan tinggi. Nah, cara mengatasi selang bensin yang tersumbat ini dengan mencuci tangki kendaraan.

Kedua. Cek Kondisi Filter Bahan Bakar – Selang bensin yang tersumbat bisa saja terjadi karena adanya karat, lumpur, atau kotoran berupa air. Biasanya permasalahan seperti ini muncul dengan tanda awal saat menyalakan kendaraan, maka mesin tetap menyala.

Baca Juga:  Waduh, Akun Fanspage Facebook Dedi Mulyadi Dengan 11 Juta Pengikut Dihack

Namun ketika mulai menginjak pedal gas, maka tiba-tiba mesin akan mati atau mesin menjadi tersendat saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan membersihkan filter udara agar selang bensin tidak tersumbat lagi.

Ketiga. Cek Kondisi Pompa Bensin – Dalam pompa bensin terdapat membran yang bisa menjaga agar suplai bahan bakar selalu tercukupi. Namun ketika membran ini sobek, otomatis suplai bensin ke karburator menjadi tidak tercukupi.

Baca Juga:  Situs Sempat Diserang Peretas, Ketua KPU: Data Pilkada Aman

Selain itu, rembesan bensin di sekitar pompa akan mengakibatkan bau bensin mudah menyebar hingga ke dalam kabin. Gejala ini bisa kalian rasakan ketika menggunakan kendaraan tiba-tiba menjadi kehilangan tenaga. Cara mengatasi selang bensin yang tersumbat karena terjadi kebocoran di membran tidak bisa kalian lakukan sendiri. (Red)