Begini Cara Mengatasi Stres Untuk Ibu Pekerja

JABARNEWS | BANDUNG – Ibu pekerja berpotensi dilanda stres. Hal tersebut terjadi karena Kamu harus mampu membagi waktu antara urusan rumah tangga dengan kantor. Tentunya hal tersebut terbilang gampang-gampang susah.

Kondisi stres akan berakibat buruk pada mental dan psikologis. Hal ini terjadi lantaran kamu tidak punya waktu untuk menyenangkan diri sendiri, atau kurang istirahat.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi stres Ibu pekerja yakni:

Pertama. Susun rencana setiap harinya – Agar tidak dihinggapi stres akut, kamu perlu menyusun rencana setiap harinya. Apa saja prioritas yang harus dikerjakan setiap harinya.

Baca Juga:  Operasi Patuh Terpadu 2019 Di Purwakarta, Puluhan Pengendara Terjaring

Misalnya, mulai dari rutinitas pagi untuk masak dan mempersiapkan keperluan anak sekolah, sampai tugas utama yang harus kamu selesaikan di hari itu. Tentunya pekerjaan yang deadline-nya sudah dekat.

Dengan begitu, kamu tidak bingung lagi ketika tiba di kantor. Kamu tahu apa yang harus segera dikerjakan. Ini juga dilakukan agar kamu bisa pulang on time untuk berkumpul dan istirahat bersama keluarga.

Kedua. Pakai jasa asisten rumah tangga – Ibu bekerja punya kesibukan yang luar biasa padat. Kamu dapat menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) untuk mengurus rumah, seperti memasak, mencuci baju, dan pekerjaan rumah tangga lainnya, termasuk mengasuh buah hati.

Baca Juga:  Nadiem Makarim: UN Masih Diselenggarakan di Tahun 2020

Kecuali orangtua atau mertua bisa mengurus anak, sebaiknya percayakan pada mereka. Sementara bersih-bersih rumah, pakai ART. Ini akan membantumu. Beban pekerjaanmu berkurang. Kamu bisa fokus pada pekerjaan di kantor. Meski begitu, sesibuk apapun, kamu tetap harus mengutamakan keluarga.

Ketiga. Luangkan waktu menyalurkan hobi – Menjadi ibu bekerja hampir selalu mengerjakan hal yang sama setiap harinya. Agar tidak stres, coba selingi dengan aktivitas yang berkaitan dengan hobimu.

Baca Juga:  Begini Cara KPU Depok Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada, Simak!

Contohnya memasak, berkebun, menghias ruangan, atau karaoke. Hobi ini setidaknya dapat sedikit mengobati jenuhmu, membuat pikiran kembali rileks, dan pastinya biar tetap bahagia.

Lakukan hobimu setelah pekerjaan rumah atau kantor selesai. Dengan begitu, kamu dapat melakukan hobi tersebut dengan leluasa tanpa memikirkan pekerjaan rumah atau kantor. (Red)