Begini Cara Mengendarai Forklift Agar Tetap Aman

JABARNEWS | BANDUNG – Memahami cara menggunakan forklift dengan aman tentunya menjadi hal yang wajib diketahui oleh tiap operator. Sebab alat berat yang satu ini sangat berbahaya dan termasuk salah satu penyebab kecelakaan kerja paling banyak dan paling mematikan dalam lingkungan industri.

Jika dilihat, mengendarai forklift memang seperti mengendarai truk atau kendaraan berat lainnya. Tapi bedanya, forklift merupakan alat berat yang dikendarai di dalam ruangan, dengan medan yang lebih sempit.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara menggunakan forklift dengan aman yakni:

Baca Juga:  Survei Alvara: Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul Di Jawa

Pertama. Periksa Peralatan dan Bagian-Bagian Forklift Sebelum Digunakan – Layaknya ketika ingin mengendarai mobil, operator juga wajib memeriksa seluruh bagian penting dalam forklift sebelum digunakan. Biasanya akan diperiksa adalah rem, hidrolik, ban, oli, diesel atau bahan bakar, dan masih banyak lagi.

Ketika ada salah satu bagian dalam forklift yang tidak bisa dioperasikan dengan benar, maka operator harus langsung melapor dan tidak boleh menggunakan alat tersebut.

Baca Juga:  Waduh! Sepuluh Balita di Indramayu Dikonfirmasi Positif Covid-19

Kedua. Gunakan Klakson Tiap kali akan Melewati Lorong – Berikutnya, operator wajib membunyikan klakson tiap kali akan berbelok ke lorong atau rak yang sempit. Hal ini menjadi tanda kepada pegawai lain bahwa ada forklift yang akan lewat.

Selain itu, klakson juga wajib digunakan ketika operator akan melewati tempat atau jalanan yang sempit dan sedang dipenuhi pegawai lain. Suara forklift memang sudah cukup berisik, namun beberapa truk keluaran terbaru memiliki suara yang jauh lebih senyap.

Baca Juga:  Simak! WhatsApp Bakal Launchingkan Fitur Multi Device

Ketiga. Selalu Pasang Perlengkapan Safety – Cara yang terakhir untuk menggunakan forklift dengan aman adalah selalu menggunakan perlengkapan keamanan atau safety tiap kali mengoperasikan alat ini. Baik ketika ingin menggunakannya selama berjam-jam maupun hanya 15 menit.

Safety yang paling utama dalam forklift tentunya sabuk pengaman. Beberapa jenis alat yang digunakan di daerah pembangunan atau konstruksi juga mewajibkan operatornya menggunakan helm serta sarung tangan. (Red)