Begini Perkiraan Jumlah Kuota Yang Kamu Habiskan Saat Nonton Youtube

JABARNEWS | BANDUNG – Akhir-akhir penonton di platform situs penyedia video bernama Youtube mengalami peningkatan yang cukup drastis. Bahkan, penonton di Youtube sudah bisa menyaingi penonto di Televisi.

Dilansir dari Technesia, dari hasil survei pada tahun 2018 lalu saja, sebanyak 1.500 responden yang terlibat dalam penelitian, 53 persen menyatakan mengakses Youtube setiap hari, dan 57 persen menyatakan menonton televisi setiap hari.

Perkembangan Youtube di Indonesia semakin pesat, Youtube merupakan salah satu platform online paling populer saat ini.

Namun, pernahkah menghitung jumlah besaran kuota dari paket internet yang dimiliki untuk penggunaan menonton video di Youtube itu sendiri.

Baca Juga:  Palsukan Tanda Tangan, Warga Sukaratu Cianjur Laporkan Oknum ke Polisi

Dalam sebuah postingan di media sosial Instagram @diskominfokrwkab dari @karawang.smartcity jumlah besaran paket kuota yang dikeluarkan untuk menontos sebuah video dalam Youtube diantaranta;

1. Jika pengguna menonton video dengan menggunakan grafik sebesar 144 pixel, pengguna akan dikenakan kuota sebesar 1 megabite untuk durasi 1 menit video dan 78 megabite untuk durasi 1 jam video. Ukuran grafik yang seperti ini biasanya jarang digunakan untuk menonton video yang berbentuk film. Tapi, grafik seperti ini lebih sering digunakan untuk memutar lagu berderet (1 video ada banyak lagu)

Baca Juga:  Pemilik Yamaha NMax Harus Baca Info Penting Ini

2. Jika pengguna menonton video Youtube dengan menggunakan grafik 240 pixel maka pengguna akan dikenakan kuota sebesar 3 megabite untuk durasi 1 menit dan 198 megabite untuk durasi 1 jam video.

3. Untuk pengunaan 360 pixel, pengguna akan dikenakan kuota sebesar 5 megabite dengan durasi menonton 1 menit dan 300 megabite untuk durasi 1 jam.

4. Ukuran 480 pixel akan akan memakan kuota sebesar 8 megabite dengan durasi 1 menit dan 498 megabite dengan durasi 1 jam menonton.

5. Pengguna juga akan dikenakan data sebesar 25 megabite dengan durasi 1 menit menonton dan 1.5 gigabite dengan durasi 1 jam dalam mode 720 pixel.

Baca Juga:  Penerapan New Normal Di Jabar, Ini Kata Gugus Tugas Covid-19

6. Sedangkan untuk 1080 pixel pengguna akan dikenakan data sebesar 50 megabite dan 3 gigabite untuk durasi 1 menit dan 1 jam waktu tonton.

7. Yang terakhir ukuran 4k pixel, ini jarang digunakan karena memang memakan data yang cukup besar. Untuk durasi satu menit saja pixel ini menggunakan data 181 sampai 272 megabite dan untuk durasi 1 jam itu akan memakan data 10.8 sampai 16.3 gigabite.

Tapi, ukuran tersebut hanya sebatas perkiraan saja. Karena kebanyakan yang terjadi, ada juga besaran ukuran data itu dipengaruhi kecepatan internet itu sendiri. (Red)