Berikut Lima Prediksi SOP Jika Liga Indonesia Digelar Pada Saat Pandemik Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diminati terutama oleh kalangan laki-laki, akan tetapi saat ini hampir seluruh kompetisi liga sepak bola banyak yang tertunda akibat dari pandemik Covid-19.

Di negara Indonesia, bahkan Liga sepak bolanya harus terpaksa dihentikan sementara akibat dari pandemik tersebut. Namun, saat ini dunia persepakbolaan Indonesia telah mendapatkan kabar yang cukup menyenangkan.

Hal tersebut, terjadi karena selaku organisasi yang bernama Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Pihak Polisi Indonesia (Polri) telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk melanjutkan jalannya liga sepak bola, tetapi tetap harus mementingkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Mahasiswa Purwakarta Ajak Masyarakat Taati Protokol Kesehatan Covid-19

Oleh Sebab itu juga PSSI dan Polri membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pada saat liga sepak bola yang akan digelar kembali dalam masa pandemik Covid-19 yang dilansir dari youtube LIB TV. Diantaranya:

Baca Juga:  Debat Publik Kota Cirebon, Azis Lega Jawab Semua Pertanyaan

1. Pembatasan orang yang hadir di Stadion, yaitu maksimal sebanyak 299 orang saja yang terdiri dari pemain, official, perangkat pertandingan, panitia pelaksana, pejabat yang bersangkutan, unsur keamanan hingga media. Tetapi tetap harus menghindari kerumunan dengan cara dibuatkan zona bagiannya masing-masing.

2. Tidak boleh dihadiri oleh suporter, dan apabila ada yang datang ke stadion akan dibubarkan oleh pihak keamanan.

3. Apabila Salah satu klub atau tim ketahuan ada suporter yang datang ke stadion, maka akan diberikan sanksi. Karena hal tersebut merupakan salah satu pelanggaran protokol kesehatan.

Baca Juga:  Ini Janji Prabowo untuk Lawan Politiknya Jika Terpilih Jadi Presiden di Pilpres 2024

4. Dilakukannya Swab Test sebelum pertandingan terhadap pemain, official tim hingga wasit yang akan bertugas pada pertandingan tersebut.

5. Apabila ada yang terindikasi covid-19 maka pihak liga sepak bola dengan terpaksa harus mengisolasinya di tempat yang telah ditentukan.

Penulis: Muhammad Amaludin