Bingung Karena Air Bisa Masuk Kabin Mobil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Air hujan yang masuk ke dalam mobil tentu akan membuat karpet mobil basah dan mengeluarkan bau apek yang membuat berkendara terasa tidak nyaman lagi. Jika terlalu dibiarkan bukan tidak mungkin membawa masalah baru terutama pada interior.

Air yang masuk lewat dashboard tentu dapat menimbulkan korsleting listrik cukup fatal. Tak cukup sampai disitu, karena air hujan mengandung zat asam bukan tidak mungkin mempercepat proses pengkaratan pada lantai mobil.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab air bisa masuk kedalam kabin mobil yakni:

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Rombak Kurikulum SMK, Terapkan Teaching Factory

Pertama. Keropos Di Sekeliling Kaca – Penyebab yang umum paling terjadi adalah plat mobil mulai kropos khususnya di sekeliling pinggir karet kaca. Permasalahan ini sering dijumpai pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun.

Plat mobil yang keropos membuat air bebas meremper ke dalam kabin mobil. Pengeroposan ini bisa dilihat dengan timbulnya benjolan kecil di sekeliling kaca baik depan maupun belakang.

Baca Juga:  Indonesia Peringkat 7 Utang Terbesar di Dunia, Pengamat: Manajemennya Bobrok

Kedua. Karet Kaca Rusak – Penyebab kedua ini ada sangkut pautnya dengan yang sebelumnya, Selain fungsinya sebagai pengerat agar tidak jatuh karet kaca juga berfungsi untuk mencegah rembesan air masuk ke dalam mobil. Sehingga bila kondisinya sudah rusak otomatis air akan merembes melalui bilik-bilik kaca.

Selain menggantinya dengan yang baru anda bisa menambal rembesan air tersebut dengan menggunakan lem sealer di sekeliling karat khususnya pada bagian pinggir karet. Namun langkah ini bersifat sementara dan dapat terkelupas jika sering terkena air hujan.

Baca Juga:  Banjir Meluas, Pemkab Karawang Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Ketiga. Pemasangan Kaca Kurang Pass – Pemasangan kaca yang kurang rapat juga menambah deretan penyebab air masuk ke kabin. Poin ketiga ini sering terjadi pada mobil yang kacanya pernah ganti baik karena habis nabrak atau terkena hantaman benda keras lainya.

Jika tidak dilakukan oleh bengkel yang mumpuni tentu repair mobil bekas tabrakan yang berimbas kaca pecah terkadang jika saat perbaikan perhitungan nya kurang matang bukan tidak mungkin kaca mengalami kerenggangan. (Red)