Bisa Menjaga Kesehatan Gigi, Ini Manfaat Daun Mint

JABARNEWS | BANDUNG – Mempunyai rasa dan sensasi yang dingin juga menyegarkan, ternyata ada banyak kegunaan daun mint bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan gigi, meringankan kram menstruasi, hingga meningkatkan fungsi otak.

Daun mint masih termasuk golongan daun herbal yang masih berkerabat dengan daun herba lain, yaitu daun sage. Meski berukuran kecil, daun tersebut memiliki berbagai macam kandungan nutrisi.

Daun yang termasuk herbal ini diketahui merupakan salah satu tanaman yang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, daun mint juga memiliki kandunga antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga:  Bantu Proses Belajar Daring, Ini yang Dilakukan Istri Anggota TNI

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat daun mint bagi kesehatan:

Pertama. Menjaga kesehatan gigi – Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pasta gigi atau obat kumur yang mengandung daun mint dapat memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan.

Selain itu, daun mint yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur. Hal tersebut juga bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menempel di bagian gigi, gusi hingga bagian dinding mulut.

Baca Juga:  ASN Wajib Kantongi Sertifikat PBJ, Apa Sih Gunanya?

Kedua. Meringankan kram menstruasi – Dengan mengkonsumsi minuman teh dengan campuran dari daun mint dipercaya bisa mengurangi kram pada menstruasi. Dalama sebuah penelitian bahkan menyebutkan ekstrak daun mint memiliki efek yang serupa dengan obat-obatan pereda nyeri haid.

Ketiga. Mengatasi gangguan pencernaan – Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak daun mint sangat efektif dalam meredakan keluhan akibat gangguan pencernaan. Salah satunya yaitu akibat irritable bowel syndrome (IBS), merupakan gangguan kronis yang menyerang usus besar.

Baca Juga:  Jimmy Gideon Meninggal Dunia, Rekan Komedian Sampaikan Duka Cita

Keempat. Meredakan sakit kepala – Sakit kepala biasanya muncul ketika kalian mengalami stres atau cemas secara berlebihan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak daun mint yang dioleskan di dahi dan pelipis dapat meredakan rasa sakit kepala.

Kelima. Meningkatkan fungsi otak – Berbagai macam hasil dari penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak daun mint dapat meningkatkan fungsi otak kalian, terutama dalam mengingat. Akan tetapi, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Penulis: Muhammad Amaludin