Buah Pala Disulap Jadi Cemilan Maknyus

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di Kecamatan Wanayasa, buah pala jumlahnya melimpah. Selain terkenal sebagai penghasil buah manggis, Wanayasa memang juga terkenal sebagai daerah di Purwakarta yang menghasilkan buah pala kualitas terbaik.

Melihat kondisi tersebut, banyak masyarakat Wanayasa yang mengolah pala. Namun, sebagian besar masyarakat hanya mengambil bijinya saja untuk kemudian disuling menjadi minyak. Akibatnya, kulit dan daging buah pala hanya dibuang begitu saja, tidak dilirik dan diperlukan layaknya limbah buangan.

Menariknya, lewat tangan kreatif dan produktif sejumlah ibu rumah tangga di Kampung Krajan, Desa Wanayasa/Kecamatan Wanayasa, yang tergabung dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat mampu mengolah buah pala menjadi empat produk berbeda.

Baca Juga:  Ada 24 Ribu Pemohon Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta di Kabupaten Bandung Barat

“Kita olah jadi permen jelly, selai, sirup dan juga teh,” kata salah satu penggiat UMKM tersebut, Eulis Supriyatiningsih), Senin (12/3/2018).

Menurutnya, dari keempat produk olahan tersebut, dua di antaranya yakni permen jelly dan sirup adalah produk andalan yang laku keras di pasaran.

Baca Juga:  Hasil Liga Champions, Ini Daftar Club Yang Lolos Ke 16 Besar

“Yang dominan itu permen jelly dan sirup. Karena banyaknya permintaan kita dalam seminggu bisa memproduksi 50 kilogram permen jelly dan 50 botol sirup kemasan 430 ml,” jelasnya.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup murah, Eulis menjelaskan untuk permen jelly dalam kemasan harganya Rp 7.500, satu botol sirup Rp 15.000, selai dijual dengan harga Rp 3.000 dan teh dengan harga 3000 juga.

Untuk memproduksi keempat hasil olahan buah pala, Eulis mengaku dibantu oleh dua orang rekanya dan sejumlah tim lainya yang berada dalam satu naungan UMKM Bumdes Desa Wanayasa.

Baca Juga:  Marinir Harus Punya Kemampuan Ekspedisioner Hingga Multirole

Sementara itu, Pelaksana Operasional Bumdes Desa Wanayasa, Didin Syafrudin, mengaku mendukung 100% berkembangnya usaha bisnis rumahan tersebut.

“Kami sangat mendukung usaha yang dilakukan ibu-ibu ini. Manfaatnya luar biasa, selain menambah nilai ekonomis, penggolahan buah pala juga membuat limbah kulit dan buah pala yang dulunya dipandang sebelah mata karena hanya bijinya saja yang dilihat menguntungkan, kini menjadi hal yang berguna,” katanya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat