Buat Warga Cimahi Yang Suka Bersepeda, Ada Kabar Baik Nih

JABARNEWS | CIMAHI – Seiring dengan pandemi Covid-19 dan adanya anjuran untuk tetap di rumah, banyak warga Cimahi memilih bersepeda sebagai olahraga alternatif.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalalui Dinas Perhubungan Dinas Perhubungan bernecana akan membua jalaur sepeda, melihat saat ini animo masyarakat untuk bersepeda cukup tinggi.

“Aturan mengatur bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan, termasuk fasilitas untuk sepeda dan pejalan kaki,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Endang, Minggu (05/07/2020)

Ia menjelaskan, sepeda merupakan moda alternatif yang ramah lingkungan. Dia berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat menggantikan kendaraan bermotor, dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global.

Baca Juga:  Kejutan di Panggung Quarter Final Terakhir Indonesia's Got Talent 2023

Penggunaan sepeda juga akan mengurangi pergerakan kendaraan bermotor, yang berdampak pada berkurangnya penggunaan bahan bakar minyak (BBM), dan polusi udara.

“Untuk itu, penyediaan fasilitas jalan bagi lajur sepeda tersebut akan menjadi salah satu agenda Dishub Kota Cimahi, untuk dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi atau OPD terkait, khususnya dalam Forum Lalu Lintas Kota Cimahi,” beber Endang.

Untuk merealisasikan hal itu, pihaknya juga perlu melakukan kajian terlebih dahulu dengan sejumlah instansi lain. Salah satunya adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Termasuk untuk menentukan jalurnya.

Baca Juga:  Peringatan Bagi Penggemar Minum Teh dari Pakar, Ini Isinya

“Padatnya kondisi arus lalu lintas, dan terbatasnya fasilitas jalan di Kota Cimahi menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara matang,” ujarnya.

“Untuk itu perlu kajian terlebih dahulu. Termasuk untuk titik-titik jalurnya, menjadi agenda untuk dibahas dalam forum lalu lintas yang akan datang,” terang Endang.

Diakuinya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini animo masyarakat untuk bersepeda memang cukup tinggi. Apalagi belum dimulainya kegiatan sekolah, maupun kuliah, serta belum sepenuhnya efektif sebagian aktivitas masyarakat, menyebabkan mereka memiliki banyak waktu luang.

Baca Juga:  Pemerintah Izinkan Shalat Tarawih di Masjid, Ini Aturannya

“Hal ini dimanfaatkan dengan kegiatan bersepeda. Namun apabila dilihat di lapangan, perkembangan jumlah masyarakat yang bersepeda ini masih sebatas untuk kegiatan olahraga,” ujarnya.

Namun, sambung Endang, akan lebih baik apabila ke depan animo masyarakat dalam bersepeda ini juga diterapkan, dan menjadi budaya untuk menunjang mobilitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain-lain.

“Sehingga selain sehat dan ramah lingkungan, juga akan lebih efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan, dan mengurangi kemacetan di Kota Cimahi,” tutur Endang. (Red)