Cak Imin: Desa Jadi Kekuatan Ekonomi

JABARNEWS | MAJALENGKA – Desa menjadi kekuatan ekonomi di masa kini dan masa depan. Situasi di desa saat ini, pada faktanya desa menjadi sentral ekonomi. Alasanya karena banyak pihak yang mengawasi, banyak pihak yang terlibat, serta masyarakat di desa sendiri juga diberdayakan.

Itu ditegaskan Wakil ‎Ketua MPR RI, Muhaimin Iskandar, atau yang akrab dipanggil Cak Imin, saat hadir bersama Mentri Desa dan PDTT di Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong-Majalengka, Rabu (30/5/2018). Pihaknya merasa perlu berterima kasih kepada para kepala desa yang hadir, mengingat desa telah menjadi kekuatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:  Butuh Perhatian! Seniman Wayang Golek di Cianjur Kini Terbaring Sakit

“Kita perlu berterima kasih kepada para kepala desa dan jajarannya, karena desa menjadi kekuatan ekonomi yang menjanjikan. Gerak desa kini menggema,” ungkapnya.

Cak Imin menambahkan, ‎sebetulnya terkait pembangunan di desa, sebelum hadirnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, pembangunan ekonomi desa sudah ada yakni KUD dan LKMD namun gagal, karena pengawasannya itu langsung pemerintah pusat.

Baca Juga:  Kalahkan Boyke Sitompul, Edwin Khadafi Terpilih Sebagai Ketua KNPI Kota Bandung

“Bagaimana desa menjadi sentral ekonomi. Kegagalannya satu saja, karena kontrolnya hanya di pusat. Pembangunan tidak akan berhasil bila hanya didikte dari pusat saja. Oleh karenanya saat ini terlihat berkembang karena pengawasannya melibatkan banyak pihak,” ungkapnya.

Dijelaskannya, saat ini pembangunannya harus muncul dari bawah ke atas, bukan lagi dari atas ke bawah.

Selain itu, Cak Imin juga berharap Majalengka lebih berkembang dengan kehadiran bandara, supaya bandara menjadi stimulan dan pendorong kemajuan.

Baca Juga:  Tiga Tanda Depresi yang Jarang Disadari Menurut dr. Clarin Hayes

“Apalagi saat ini, Majalengka sudah punya bandara internasional, Majalengka pasti akan lebih berkembang dari sisi ekonomi. Kita berdoa saja,” ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, Cak Imin juga melemparkan sesi dialog yang dibalut dengan tanya jawab. Bagi yang berhasil menjawab pertanyaannya maka langsung diberi hadiah. Ia sendiri meminta doanya untuk direstui menjadi Cawapres mendampingi Jokowi. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat