Cara Ampuh Usir Tikus Dengan Bahan Dapur Dan Tanaman Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Tikus memang sejak dulu menjadi salah satu hewan yang sangat dibenci oleh sebagian orang. Alasannya tak lain karena hewan pengerat yang satu ini selalu saja mencuri makanan yang ada di dapur.

Tak hanya itu saja, hewan pengerat ini pun bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang dinamakan dengan leptospirosis. Bahkan, penyakit yang berasal dari kencingnya pun sudah banyak memakan korban.

Hewan yang berteman dengan kecoa ini walaupun sudah dibasmi menggunakan racun maupun lem, tetap saja tak mempan. Mereka tetap bisa melenggang aman melewatinya tanpa ada pengaruh sedikitpun. Namun ada cara lain yang bisa Anda gunakan dan sudah pasti ampuh dalam membasmi si tikus. Dan berikut diantaranya:

Menggunakan Tanaman Putri Malu

Mungkin beberapa di antara kalian masih belum tahu jika tikus bisa dibasmi hanya menggunakan tanaman putri malu. Tanaman ini sangatlah ampuh untuk digunakan, karena hewan pengerat satu ini takut dengan durinya. Jadi, untuk mengusir tikus dari rumah kalian, cukup sebarkan tanaman putri malu ini di sudut yang sering dilewati oleh tikus. Namun, setiap sudut harus diberi lebih dari satu tanaman agar durinya pun lebih banyak.

Baca Juga:  Hasil Investigasi Komnas HAM Soal Tewasnya Brigadir J Akan Diungkap Minggu Ini

Menggunakan Cuka

Cuka yang sering dipakai ibu-ibu untuk memasak ternyata bisa berfungsi untuk mengusir tikus. Dengan kekuatan baunya yang cukup menyengat, membuat indra penciuman dari hama kecil tersebut terganggu. Jadi, sudah pasti tikus tidak akan menginjakkan kaki lagi di rumah anda. Jangankan menginjakkan kaki, ingin mendekati saja tak mampu karena saking traumanya dengan bau dari cuka tersebut. Cara menerapkannya adalah dengan meneteskan cuka di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Namun mengimplementasikannya tak hanya cukup sekali saja, harus dilakukan setiap hari sampai tikus tak terlihat lagi batang hidungnya.

Menggunakan Kantung Teh Celup Bekas

Bagi kalian yang hobi minum teh celup, maka jangan membuang begitu saja kantung teh celup bekas, karena kantung teh celup bekas bisa untuk mengusir tikus. Untuk menggunakannya, anda harus menyeduhnya terlebih dahulu, lalu kantung teh celup tersebut diletakkan pada area yang sering dilewati oleh tikus. Niscaya, tikus tidak akan berani kembali lagi ke rumah Anda karena bau dari kantung teh celup tersebut membuat hidung dari hewan pengerat ini menjadi iritasi. Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus saja, kantung teh celup ini bisa anda gunakan untuk mengusir laba-laba.

Baca Juga:  Koalisi Poros Juang Usung Yesi-Adly Fairuz di Pilkada Karawang

Menggunakan Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus-tikus nakal. Bawang merah yang mempunyai kandungan bernama flavonoid dan fenol itu tidak hanya membuat manusia menangis, tapi tikus pun akan ikut terharu gara-gara dua senyawa tersebut. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, kupas dan potong menjadi kecil-kecil dan tempatkan irisan bawang tersebut di area yang sering dilewati tikus.

Baca Juga:  Diberhentikan Jadi Ketua MK, MKMK Tegaskan Anwar Usman Tak Bisa Ajukan Banding

Menggunakan Daun Salam

Daun salam sekarang tak hanya digunakan sebagai penyedap rasa makanan saja, akan tetapi bisa dipakai untuk membasmi si hewan kotor tersebut. Ekstrak etanol yang terdapat pada daun salam ini bisa merusak penciuman dari tikus, sehingga si tikus tak akan bisa melangkahkan kaki ke dalam rumah Anda. Untuk menggunakannya, cukup tebarkan daun salam ke tempat yang sekiranya dilewati tikus. Disarankan untuk meketakan banyak daun ini agar hewan pengerat ini benar-benar kapok.

Itulah cara untuk mengusir tikus dari rumah secara alami. Cukup ampuh dan tidak perlu keluarkan banyak uang karena semuanya ada di rumah. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Selamat mencoba! (Fin)

Sumber berita ini diambil dari boombastis.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat