Cara Jitu Gali Potensi Kuliner Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Komunitas Kuliner Ciamis (Kukis) jadi alternatif bagi pelaku bisnis kuliner berkumpul dan menjalin komunikasi. Komunitas ini juga jadi wadah bagi pegiat kuliner untuk menunjukkan kreativitas mereka.

Ketua Kukis, Ghanis Yudha Pradja, mengungkapkan, komunitas ini dibentuk pada 12 Desember 2016. Sebelumnya, grup Wisata Kuliner Ciamis di Facebook lebih dulu dibuat.

Baca Juga:  Kasus Perceraian di Jawa Barat Meningkat

“Awalnya, grup ini hanya memiliki beberapa orang admin. Namun, kini anggota grup mencapai 29.154 orang orang,” kata Ghanis, dikutip laman Kabar Priangan, Sabtu (31/3/2018).

Dikatakannya, selain aktif di media sosial, Kukis kerap menggelar pertemuan yang dikenal dengan nama Kopdar Kukis. Saat Kopdar, bisa saling memberikan masukan seputar penjualan, pemasaran, ataupun tentang produk yang dibuat anggota.

Baca Juga:  Ingat, Besok Hari Terakhir Kirim Foto Meteran Listrik PLN via WA

Selanjutnya dia menuturkan, eksistensi Kukis sangat dirasakan manfaatnya oleh pegiat kuliner. Untuk omzet misalnya, sejak aktif di Kukis, peningkatan produksi begitu terlihat.

“Terakhir, Kopdar Kukis digelar di Wicks Café, pada Minggu (10/3/2018). Dalam pertemuan ini, kami sepakat untuk membuat Peta Kuliner Ciamis. Dibuatnya peta ini untuk mendokumentasikan kuliner Ciamis, lengkap dengan deskripsi produk dan alamat. Diharapkan, adanya peta kuliner ini mempermudah orang untuk mengetahui tempat-tempat kuliner yang ada di Kabupaten Ciamis,” ujarnya. (Des)

Baca Juga:  Acara Dangdutan KPU Kabupaten Tasikmalaya Menuai Kecaman

Jabarnews | Berita Jawa Barat