Cuaca Ekstrem Intai DKI Jakarta di Malam Tahun Baru 2023

Cuaca ekstrim

JABARNEWS | BANDUNG – Pemprov DKI Jakarta menetapkan status siaga cuaca ekstrem. Hal tersebut mengacu pada informasi yang disampaikan BMKG bahwa wilayah ibu kota berpotensi mengalami curah hujan tinggi hingga 2 Januari 2023 mendatang.

“Terdapat potensi curah hujan intensitas lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan status siaga di wilayah DKI Jakarta,” tulis BPBD DKI Jakarta melalui Instagram resminya, @bpbddkijakarta, Jumat (30/12/2022).

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem,” sambung.

Sementara untuk informasi terkini, BPBD menyarankan masyarakat untuk memantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir -berbasiskan-rt.

“Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112,” lanjutnya.

Cuaca ekstrim

Sebelumnya, Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji memperingatkan sejumlah wilayah di Jabodetabek diprediksi akan mengalami hal serupa menjelang siang hingga malam dan dini hari nanti.

“Dari analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam periode tersebut terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang kemudian dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya selama periode Nataru,” jelas Isnawa Adji.