Diprediksi, Puncak Peningkatan Kasus Omicron Varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia Terjadi Juli Mendatang

Ilustrasi kasus Covid-19. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak penyebaran Covid-19 Omicron varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia terjadi pada Juli mendatang. Masyarakat pun diminta kembali mengetatkan protokol kesehatan (Prokes).

“(Puncaknya) satu bulan sesudah diidentifikasi, jadi sekitar minggu ke-3-minggu 4 Juli, dan kemudian nanti akan turun kembali,” katanya, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga:  Yasonna Laoly Dapat Teguran Keras dari DPR, Ini Sebabnya

Dia menyebutkan peningkatan jumlah kasus terkofimasi Covid-19 karena masyarakat mulai lalai prokes. Oleh karenanya, masyarakat kembali wajib menggunakan masker bila akan melakukan kegiatan di luar ruangan.

Menurutnya, penggunaan masker bisa meminimalisir penyebaran Omicron varian BA.4 dan BA.5. Saat ini, pihaknya juga tengah melakukan pemantauan terkait kasus Covid-19 secara global dan pola penyebarannya.

Baca Juga:  Pencoblosan, Maman Ziarah Ke Makam SGJ

”Pesan Bapak Presiden itu harus kita laksanakan, tetap waspada, hati-hati. Di luar bisa buka masker tapi begitu masuk di dalam kita harus tetap pakai masker, atau kalau di luar kerumunannya banyak pakai masker, atau kita merasa badan kita tidak sehat atau ada yang kita lihat duduk/berdiri di sebelah kita, walaupun di luar, batuk-batuk, kita tetap pakai masker,” ucap Budi.

Baca Juga:  Horeee! Wisata Taman Air Mancur Sri Baduga Kembali Dibuka Untuk Umum 16 Juli 2022