Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Pengamat: Ya Saat Ini Itu Obat Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum usai, kasusnya pun bahkan bertambah banyak setiap harinya. Masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,

“Vaksin kan belum ada, saat ini ya obatnya, patuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” ujar Hendra Bayu Widodo, Pengamat Sosial Kabupaten Purwakarta, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga:  Siap-siap! Penyalur Bansos Tidak Transparan Akan Ditindak

Tak hanya itu, kata Dodo, penyebaran virus menurun di daerah yang orang-orangnya patuh menerapkan protokol kesehatan, diamatinya resiko penularannya bisa menurun hingga empat sampai lima kali lipat.

“Resiko infeksi menurun empat sampai lima kali lipat, dibandingkan ketika mereka tidak menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Sah! Hadi Tjahjanto Jabat Menko Polhukam, AHY Jadi Menteri ATR/BPN

Maka dari itu, ia meminta terkait edukasi penerapan protokol kesehatan harus semakin gencar diedukasikan ke masyarakat yang melibatkan beberapa elemen, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ia menjelaskan, protokol kesehatan itu aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh segala pihak agar dapat beraktivitas secara aman pada saat pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga:  Ingin Turun Berat Badan? Tak Perlu Lapar, Begini Caranya

“Masyarakat aman dalam beraktifitas, juga tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain. dengan menerapkan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak) penularan Covid-19 dapat diminimalisir, dalam aktifitas sehari-harinya,” ujarnya. (Red)