GP Ansor Luncurkan Aplikasi Kursus Online

JABARNEWS | BANDUNG – Gerakan Pemuda Ansor menelurkan inovasi dengan meluncurkan aplikasi online kursus Bahasa Korea. Aplikasi ini dibangun atas kerja sama GP Ansor dengan Serikat Pekerja Perikanan Indonesia (SPPI) bersama KoreanFirst.

Aplikasi itu tersedia secara gratis di PlayStore dengan nama Kelas Korea. Atau bisa juga diakses melalui laman https://kelas.koreanfirst.net.

Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan nilai awal dalam pembuatan aplikasi ini sebesar Rp1.420.000. Menurut dia, aplikasi ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin belajar Bahasa Korea.

“Kursus ini bisa jadi alternatif bagi masyarakat Indonesia untuk belajar Bahasa Korea dari rumah, sebagai bagian peningkatan pengetahuan, terutama yang memiliki rencana bekerja di Korea,” kata dia.

Baca Juga:  Pedagang Dodol Cina Mengeluh: Penjualan Anjlok Hingga 40%

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini mengatakan SPPI dipilih sebagai mitra karena memiliki 11 ribu lebih anggota. Mereka tersebar di seluruh dunia, termasuk pula di Korea Selatan.

Ketua SPPI, Ilyas Pangestu, mengatakan sebagian anggotanya bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Menurut dia, mereka adalah pekerja migran yang rentan dieksploitasi maupun menjadi korban human trafficking.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta PMI Jabar Aplikasikan Telemedicine

Kursus online ini, kata dia, bisa menjadi salah satu upaya untuk menekan risiko kejahatan yang bisa dialami para pekerja migran. Sehingga mereka bisa bekerja dengan aman.

“Tenaga kerja harus benar-benar disiapkan, salah satunya penguasaan bahasa. Jadi pelatihan online ini sangat tepat, targetnya pelatihan lebih jelas, yakni masyarakat yang mau belajar Bahasa Korea untuk bekal dia bekerja di Korea,” kata Ilyas.

Pada kesempatan yang sama, Danu Sonsengnim selaku perwakilan KoreanFirst mengatakan kelas online merupakan kontribusi nyata tiga lembaga untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Sekolah Di Cirebon Ini Terapkan Sistem Ganjil Genap Pembagian Raport Siswa

Terutama bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan dan meningkatkan keahlian dalam berbahasa Korea. (Red)

“Bagi masyarakat yang ingin bekerja di Korea atau bekerja di perusahaan Korea yang ada di Indonesia, kursus online Bahasa Korea ini jadi pilihan,” kata dia.

Selain itu, terbuka kesempatan untuk berkonsultasi mengenai lamaran pekerjaan di Korea. Danu mengatakan hingga saat ini peluang kerja di Korea Selatan masih terbuka lebar.

“Untuk jelasnya silakan klik website-nya di https://kelas.koreanfirst.net atau melalui PlayStore dengan nama aplikasi Kelas Korea,” kata dia. (Red)