DPRD Jabar Apresiasi Kinerja KPU Sukseskan Pilkada Serentak

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Jawa Barat yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Ineu saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, di Ruang Aula Setya Permana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (24/7/ 2018).

“Saya berterimakasih kepada seluruh pihak, awalnya banyak orang yang mengkhawatirkan pelaksanaan Pilkada di Jawa Barat ini. Tapi nyatanya berjalan aman, lancar, dan kondusif “ ucap Ineu.

Ineu menambahkan, hasil tersebut adalah berkat kerjasama semua elemen masyarakat Jawa Barat. Selain mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak Ineu pun, mengapresiasi meningkatnya jumlah partispasi masyarakat dalam Pilkada kali ini.

Ia pun menilai, meningkatnya partisipasi dan suksesnya penyelanggaraan Pilkada Serentak di Jawa Barat Tahun 2018 tersebut sebagai cerminan kedewasaan masyarakat Jawa Barat dalam berdemokrasi.

Baca Juga:  Tingkatkan Perlindungan PMI dan Berantas Sindikat, BP2MI Teken MoU Dengan LPSK

“Kiranya pelaksanaan pilkada serentak ini menjadi cerminan bagi kita bersama sebagai masyarakat Jawa Barat yang menandakan kedewasaan, kebebasan berdemokrasi, dan bersikap di tengah isu kekhawatiran penyelenggaraan Pilkada Serentak di Jawa Barat” kata Ineu.

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesianomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang pihaknya akan segera menjadwalkan Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan KPU Perihal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Masa Jabatan 2018-2023.

“Kami berharap setelah ini prosesnya akan terus berjalan lancar sampai pelantikan oleh Presiden Republik Indonesia. Ini bukan hanya menjadi harapan kami, tetapi menjadi harapan semua masyarakat Jawa Barat yang tentunya menaruh harapan kepada Gubernnur dan Wakil Gubernur terpilih untuk segera melaksanakan tugasnya” katanya.

Lebih lanjut Ineu pun menekankan bahwa, Gubernur dan Wakil Gubernur adalah unsur Pemerintahan Daerah bersama DPRD, dengan demikian pihaknya akan berupaya membangun sinergitas dengan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang pada saatnya nanti akan berkerjasama secara harmonis.

Baca Juga:  Jadi Kontroversi, Muncul Petisi Tolak JHT Cair di Usia 56 Tahun

“Sehingga pembangunan pemerintahan, kemasyarakatan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat Jawa Barat” kata Ineu.

Selain itu Ineu menyampaikan apresiasinya kepada ke tiga pasangan calon beserta pendukungnya yang telah secara sportif menyatakan menerima hasil pilkada serentak dan pasangan calon terpilih yang telah dengan rendah hati membuka diri menerima masukan dari paslon lain untuk bekerjasama demi kebaikan dan kemajuan Jawa Barat.

“Sukses penyelenggaraan ini adalah sukses kita bersama dan penyelenggaraan ini adalah ujian sejauh mana kita berdemokrasi yang baik, sejauh mana kita bisa menjaga keberlangsungan serta jalannya pembangunan” pungkas Ineu.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan dan mensahkan pasangan calon M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemenang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Rindu unggul dengan perolehan suara sah sebanyak 7.226.254 (32,88 persen), disusul pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan raihan suara sah sebanyak 6.317.465 suara (28,74 persen).

Baca Juga:  Pusat Investasi Pemerintah Gandeng Oorange Unpad Bina UMKM Jabar

Selanjutnya, pada posisi ketiga ditempati oleh pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan raihan suara sah sebanyak 5.663.198 (25,77 persen), dan terakhir ditempati oleh pasangan calon TB Hasanuddin- Anton Charliyan dengan raihan suara 2.773.078 (12.62 persen).

Total suara sah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 ialah sebanyak 21.979.995.

Pengesahan tersebut dibacakan oleh Kabag Hukum, Teknis, Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Teppy Darmawan, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, yang digelar di Aula Setya Permana, Kantor KPU Jawa Barat Jalan Garut Nomor 11 Kota Bandung.

Rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Jawa Barat dan dihadiri oleh seluruh ketua KPU tingkat kabupaten dan kota, saksi dari setiap pasangan calon dan Bawaslu Jawa Barat. (wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat