Edukasi Aturan Lalu Lintas Dalam Operasi Patuh Lodaya di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020 yang di gelar Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta kali ini lebih mengedepankan pencegahan dan edukasi kepada para pengguna jalan terkait aturan lalu lintas dan penerapan protokol kesehatan.

“Selain soal aturan lalu lintas, kita juga mengimbau kepada pengendara tentang edukasi adaptasi kebiasaan baru dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Lantas AKP Zanuar Cahyo Wibowo, saat ditemui usai melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 untuk pengendara di Jalan Sudirman, Purwakarta, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga:  Kabar Duka, Sekda Kabupaten Bandung Tutup Usia

Meski demikian, sambung Bowo sapaan akrab Kasat Lantas, untuk target operasi kali ini yakni preemtif, represif maupun Gakum. Selain surat-surat maupun pelanggaran lalu lintas lainnya, juga mengajak pengendara untuk lebih disiplin tentang protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, lanjut dia, di tengah Operasi Patuh Lodaya 2020 ini, ada pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Adha, di tanggal 28 Juli hingga 2 Agustus pada arus balik pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga:  Jokowi Berikan Ucapan Selamat Pada Recep Tayyip Erdogan, Soal Ini

“Tilang tetap kita laksanakan, tapi Kita upayakan preemtif dan preventif 40 persen, 40 persen. Dari segi represif 20 persen,” terangnya.

Di hari pertama digelar Operasi Patuh Lodaya 2020 ini, sambung Bowo, pihaknya melakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 dan juga melakukan penertiban bagi masyarakat, baik yang tidak menggunakan helm ataupun kelengkapan lainnya.

“Hari ini ada 30 kendaraan yang kita lakukan penilangan. Selain kita melaksanakan Gakum kita juga melaksanakan sosialisasi ataupun juga teguran, jadi kita tidak hanya melakukan penilangan tetapi masyarakat juga berikan kesempatan untuk diberikan teguran,” ungkapnya.

Baca Juga:  PPKM Level 4, Dine In di Rumah Makan Diarahkan Pakai Stopwatch

Untuk itu, Bowo mengimbau masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas dan juga protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Untuk pengedara roda dua pakai helm SNI, patuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat-suratnya. Juga patuhi protokol kesehatan Covid-19,” imbaunya. (Gin)