Eks Terminal Bakal Jadi Taman Di Sukabumi

JABARNEWS | KOTA SUKABUMI – Eks terminal yang berlokasi di Jalan Sudirman Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi bakal dijadikan hutan kota. Rencana tersebut sudah tertuang pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sejak lima tahun lalu.

“Saat ini eks terminal masih dalam proses kajian layak atau tidaknya,” ujar Kepala Seksi Penataan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Fajar Rahmansyah dikutip dari radarsukabumi, Jumat (20/4/2018).

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Purwakarta Bertambah Lagi, Segini Jumlahnya

Hingga kini Detail Engineering Design (DED) untuk merencanakan konsep hutan kota itu belum terbentuk. Ditargetkan pembentukan DED sendiri rampung pada 2019 mendatang, jika dalam kajian tahun ini eks terminal ini layak menjadi hutan kota atau ruang terbuka hijau.

“Kita akan minta anggaran ke Provinsi jika DED ini sudah terbentuk, Sebab kajian kelayakan untuk hutan kota atau taman terbuka hijau belum dilakukan,” sebutnya.

Baca Juga:  Ternyata Warna Sperma Bisa Ungkap Hal Ini

Sementara itu, Ia mengungkapkan saat ini Pemerintah Kota Sukabumi memiliki taman sebanyak delapan taman tematik. Namun dua diantaranya rusak akibat bencana angin kencang yang terjadi belum lama ini.

“Sehingga butuh perbaikan secepatnya, agar bisa kembali dimanfaatkan masyarakat Kota Sukabumi. Saat ini unntuk perbaikan sendiri sudah diajukan sekitar Rp.100 Juta untuk dua taman yang rusak,” katanya.

Baca Juga:  Jalankan Misi Pemerintah, PLN Galang Kolaborasi Teknologi Hijau di Tingkat Global

Proses pengajuan tersebut, lanjut fajar, karena di tahun ini anggaran perbaikan taman belum ada. Sedangkan di tahun yang lalu anggaran untuk perbaikan taman mencapai Rp 500 juta. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat