Empat Negara Eropa Datangi Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Empat negara Eropa Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia datangi Kota Bandung dalam rangka Nordic Roadshow Indonesia.

Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Bandung, Dodit Ardian Pancapana, mengatakan, sebelum ke Bandung, terlebih dulu mereka ke kota Surabaya, Yogyakarta. Lalu, setelah dari Bandung langsung ke Jakarta.

Tujuan mereka ke Indonesia, kata Dodit, untuk kerja sama dan mencari solusi atas permasalahan kota besar.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Pemprov Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19

“Baik bidang pendidikan, bisnis lokal, pemerintahan, universitas, lingkungan, dan lainnya,” tegas Dodit.

Pada pertemuan Nordic dengan Kota Bandung, juga hadir perwakilan dari Kab. Bandung Barat, Kab. Bandung, dan Kota Cimahi.

Sementara itu Duta Besar Swedia, Johanna Brismar Skoog, mengatakan, Nordic ingin berbagi solusi.

“Kami ingin berbagi solusi inovatif. Untuk mendorong mobilitas yang berkelanjutan dan hemat biaya yang dapat mendukung perbaikan konkrit dalam kehidupan masyarakat kota-kota di seluruh indonesia,” jelas Johanna sebelum presentasi di Ruang Auditorium Rosada, Rabu (25/4/2018).

Baca Juga:  Tingkat Vaksinasi Covid-19 Masih Rendah, Ini Strategi Pemkot Cimahi

Sementara itu Duta Besar Finlandia, Paivi Hiltunen, mengatakan, di dunia modern orang-orang yang berpendidikan dan terampil adalah basis bagi keberhasilan negara.

“Kami percaya bahwa pendidikan juga merupakan kunci untuk membuka pintu dan mengatasi intoleransi,” jelasnya.

“Tidak meninggalkan anak di belakang adalah prinsip dasar di sekolah Nordic. Kami sangat percaya bahwa ketika kami berinvestasi dalam pendidikan, kami berinvestasi di masa depan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Mendag Zulkifli Ingin Produk Pangan Indonesia Banjiri Pasar Arab Saudi, Potensinya Besar

Duta Denmark, Rasmus Abildgaard Kristen, menuturkan, kota-kota Nordic memiliki fokus yang kuat pada isu berkelanjutan, termasuk lingkungan, iklim, dan energi bersih.

“Negara-negara Nordik siap mendukung Indonesia pada urbanisasi berkelanjutan melalui transfer solusi, pengetahuan, dan pengalaman,” paparnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat