Entaskan Keluhan Belajar Daring, DKM Al Muhajirin Bogor Pasang WiFi Gratis

JABARNEWS | BOGOR – Banyaknya keluhan dari sejumlah orang tua dan juga siswa yang tidak mampu mencukupi kuota internet untuk melakukan pembelajaran secara daring, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Muhajirin berinisitatif memasang jaringan WiFi di Mesjid Al Muhajirin untuk siswa.

Hal ini dilakukan oleh DKM Masjid Al Muhajirin lantaran adanya siswa dilingkungan sekitar yang mengeluh untuk melakukan pembelajaran secara online, selain dari hal tersebut Pengurus DKM AB Hermawan juga mengaku disekitarnya banyak warga yang merasa keberatan dengan pembelian kuota untuk belajar daring.

Baca Juga:  Dua Geng Motor Terlibat Bentrok, Satu Orang Kena Sabetan di Leher

“Kami sediakan Wifi-nya lengkap dengan meja lipat. Kita umumkan juga lewat Toa (pengeras suara) dan kita sosialisasikan kepada pengurus RT RW,” katanya Kamis (13/8/2020).

Sumber anggaran pemasangan WiFi gratis yang berada di area Masjid Al Muhajirin ini berasal dari kenclengan masjid yang diputarkan setiap solat berjamaah kepada warga. Hermawan juga mengatakan bahwa pengurus DKM setiap harinya ada yang berjaga untuk memantau aktivitas siswa yang melakukan pembelajaran sehingga tidak ada yang bermain game.

Baca Juga:  Google Bermurah Hati Buka Layanan Gratis Video Conference Meet

“Tetap mereka pakai Wifi-nya untuk belajar, bukan untuk main game, selain pelajar, guru dan mahasiswa juga diperbolehkan memakai Wifi gratis. Selama proses belajar, para siswa tetap menjalani protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum masuk masjid dan menjaga jarak saat belajar,” tegas Hermawan.

Sementara itu, kesaksian seorang siswa MTS Darul Ma’wa, Muhammad Faturrahman (13), yang berada di area wifi tengah melakukan pembelajaran ini mengatakan bahwa keluarganya kesulitan untuk membeli kuota internet karena orang tuanya sudah tak kerja lagi.

Baca Juga:  Asik! di Labuan Bajo, Presiden dan Ibu Iriana Ditawari Nginap Gratis

“Bapak sudah nggak kerja, dipecat sudah lama sebelum pandemi Covid-19. Ibu juga gak kerja,” katanya, di Masjid Al Muhajirin, di RT 02/06, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

Dirinya mengetahui adanya informasi fasilitas wifi tersebut dari warga sekitar, sehingga ia langsung mendatangi lokasi Masjid Al Muhajarin walaupun jaraknya cukup jauh dari rumahnya.

“Saya tahu dari tetangga, makanya langsung ke sini. Sudah tiga kali belajar di sini,” ucapnya. (Red)