Gedung Baru Puskesmas Sukanagalih Cianjur Diresmikan

JABARNEWS | CIANJUR – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman secara langsung meresmikan gedung baru Puskesmas Sukanagalih, bersamaan dengan pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan yang dikemas dalam Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Selasa (4/2/2020).

Dengan diresmikannya gedung baru Puskesmas Sukanagalih, fasilitas tersebut bisa menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan.

Selain itu juga diharapkan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat untuk mewujudkan individu yang sehat, keluarga yang sehat, desa yang sehat dan kecamatan yang sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan kabupaten yang lebih sehat.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum: Pemuda Harus Bersatu Untuk Mencapai Visi Yang Sama

“Semoga dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lebih baik yang dimiliki oleh Pusksesmas Sukanagalih saat ini akan membuat pasien lebih nyaman ketika dilayani,” kata Plt Bupati Cianjur.

Herman mengungkapkan, Puskesmas Sukanagalih, awalnya satu lantai sekarang dibangun menjadi dua lantai. Di lantai dua khusus dijadikan ruang kerja perkantoran dan dibawahnya murni semua untuk pelayanan.

Baca Juga:  Berkat Unggahan Dedi Mulyadi, Pria Berkaki Satu Ini Bertemu Keluarganya

“Rencananya, Pemkab Cianjur juga akan membangun dibeberapa tempat diantaranya di Nagrak, Cipanas, Kademangan, dan melanjutkan tahap dua untuk Puskesmas Sukasari di Kecamatan Kadupandak,” ujarnya.

Kesehatan, ujar Herman, merupakan salah satu indikator untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan merupakan salah satu komitmen Pemerintah Daerah untuk memperbaiki mutu pelayanan, baik dari sisi alur pelayanan maupun ketersediaan sarana prasarana yang layak.

Baca Juga:  Si Jago Merah Lalap Sebuah Toko Bangunan di Purwakarta

“Akses pelayanan dan jaminan kesehatan sudah baik, lebih dari 85 persen, sekarang di masyarakat sebetulnya lebih pada bagaimana cara kemandirian masyarakat untuk hidup sehatnya,” katanya.

Herman juga berharap, perilaku hidup bersih dan sehat memang harus diupayakan karena itu menjadi satu kunci untuk pembangunan kesehatan yang lebih baik.

“Sehat itu tidak terjadi tiba-tiba tetapi itu adalah sesuatu yang perlu diupayakan dengan cara kemandirian,” ucapnya. (Adv)