Geger Seorang Turis Berbahasa Jerman Kencingi Gunung Bromo Jawa Timur

Ilustrasi: Geger Seorang Turis Berbahasa Jerman Kencingi Gunung Bromo Jawa Timur

JABARNEWS | BANDUNG – Media sosial Instagram diramaikan dengan kabar adanya seorang turis yang mengencingi Gunung Bromo, Jawa Timur, momen tersebut diunggah oleh akun @hometown.earth hingga menuai kecaman dari banyak netizen.

Beberapa netizen geram dengan ulah sang turis yang diketahui berbahasa Jerman tersebut, tingkah bule tersebut banyak diprotes mengingat Gunung Bromo dianggap sebagai gunung suci bagi masyarakat Suku Tengger hingga perlu dijaga.

Masyarakat Tengger menganggap bahwa Gunung Bromo bukanlah gunung sembarangan, gunung tersebut dinilai sakral dan disebut-sebut berkaitan dengan para leluhur masyarakat tersebut, yakni Joko Seger dan Roro Anteng.

Menurut kepercayaan masyarakat Tengger, masyarakat atau turis yang berkunjung ke lokasi tersebut diharapkan dapat menjaga norma dengan baik, terlebih di lautan pasir dan kawah Gunung Bromo yang dipercaya sebagai tempat keramat.

Kuncen atau tokoh setempat dalam pesannya kepada setiap pengunjung senantiasa mengingatkan agar tidak melakukan hal-hal yang menjadi larangan yang ditetapkan masyarakat Tengger seperti kencing menghadap Gunung Bromo, melempar batu, atau mengambil benda-benda dilokasi tersebut untuk dibawa pulang.