Giliran Menhub Budi Karya Diperiksa KPK, Terkait Kasus Ini

Menhub Budi Karya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (foto: dok Seskab)

JABARNEWS │ JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini mengagendakan periksaan terhadap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Menhub Budi, kata Ali, akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di Gedung KPK C1. Ia akan diperiksa sebagai sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pengadaan dan pemeliharaan jalur Kereta Api di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Sumatera periode 2018-2022.

Baca Juga:  Cek Rutenya! 65 Bus Siap Angkut Penumpang KRL Cikarang dan Bogor

Tak hanya Menhub Budi, KPK memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto. Ali memastikan keduanya telah hadir di Gedung KPK.

Baca Juga:  Puluhan Pedagang Hewan Kurban di Kota Bandung Ditertibkan, Ini Alasanya

“Kami mengkonfirmasi dan bahwa betul hari ini KPK memanggil sebagai saksi Menteri Perhubungan dan juga Sekjen Kemenhub, dan keduanya betul sudah hadir di gedung KPK di C1 ini,” Kata Ali saat ditemui di Gedung KPK, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga:  Delapan Orang Diamankan Bersama Yana Mulyana, KPK Tetapkan Enam Orang Jadi Tersangka

Menurut Ali, Menhub Budi telah datang di Gedung KPK pada pukul 08:30 WIB pagi tadi. Sebelumnya KPK telah memanggil Budi Karya untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Kamis 14 Juli 2023.