Gunung Sinabung Erupsi, Ini Kata Pos Pemantau

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi dengan tinggi kolom abu 500 meter diatas puncak di atas puncak (2.960 meter di atas permukaan laut), Selasa (11/5/2021).

Pos pemantau gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan kolom abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 52 detik.

Baca Juga:  Buang Sampah Sembarangan, Tenggelamkan!

“Tadi terjadi erupsi dan guguran gunung Sinabung,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radius 3 km dari puncak gunung Sinabung,

Baca Juga:  Sempat Tertunda, Ini Penjelasan Kemenhub Soal Rencana Jalur KRL Diperpanjang hingga Karawang

“Serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” kata Armen.

Jika terjadi hujan abu, katanya, masyarakat dihimbau memakai masker saat keluar rumah, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi dampak dari abu vulkanik pada kesehatan.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Mahfud Md Soal Pemerintah Libatkan TNI Tangani Covid-19

“Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” imbuhnya.

Terpisah, seorang warga, Sembiring mengatakan, selain erupsi, gunung Sinabung juga terjadi guguran awan panas arah Tenggara dengan jarak 1000 meter.

“Selain erupsi, juga terjadi guguran awan panas arah Tenggara,” bilangnya. (Ptr)