Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 500 Meter

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi dengan kolom abu 500 meter dari puncak gunung. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Daya dan Barat, Kamis (11/3/2021).

Pos pengamat gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi gunung Sinabung terjadi pukul 15.52 WIB d3ngan kolom abu 5000 meter terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 17 mm dan durasi 2 menit 59 detik.

Baca Juga:  Sektor Usaha Terdampak Covid-19, Toto Purwanto: Harus Segera Dibantu Permodalan

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Daya dan Barat,” katanya.

Dijelaskannya, gunung Sinabung berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa – desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Ada 8 Fungsi Keluarga Dalam Membangun Bangsa dan Bernegara

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” ucap Armen.

Baca Juga:  Wali Kota Cirebon Dukung Jokowi, Ini Tanggapan DPD Demokrat Jabar

Masih kata dia, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. 

“Masyarakat agar waspada bahaya lahar dari gunung Sinabung,” bilangnya. (Ptr)