Hapal 5 Juz Dapat Beasiswa

JABARNEWS | KARAWANG – Ada hal unik di balik maraknya pemberitaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seperti yang terjadi di SMA PGRI Cikampek.

Saat mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), pihak sekolah melakukan tes baca tulis dan hafalan Quran (BTHQ) kepada para siswa barunya.

Salah seorang siswa didik baru Muhamad Akbar mengaku lega setelah melewati tahapan tersebut. Justru, ia merasa tegang ketika sedang menunggu antrean tes. “Waktu nunggu (Antrean, Red) sih sempat tegang. Tapi setelah selesai di tes, ya jadi plong. Tesnya lancar,” kata dia saat dilansir Radar Karawang.

Baca Juga:  IDI: Masyarakat Jangan Panik Sikapi Indonesia Masuk Gelombang ketiga Covid-19

Ia mengatakan, salah satu alasasan keinginannya melanjutkan ke SMA PGRI Cikampek karena ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi. “Alasan saya sekolah di sini karena ingin sukses. Minimal kan kalau nanti cari kerja lebih mudah,” ujarnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Ujang Suherman mengatakan, tes BTHQ ini merupakan kegiatan rutin setiap penerimaan siswa baru. Ini merupakan tes minat dan bakat.

Baca Juga:  Menengok Peran Gus Dur dalam Penetapan Hari Imlek di Indonesia

“Tes ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam BTHQ. Kami juga mengarahkan para siswa untuk mengembangkan potensinya masing-masing,” katanya.

Dari kegiatan tersebut, dirinya mengaku senang dan bangga kepada para siswa barunya. Sebab, dia menemukan bukan hanya siswa yang mampu membaca dan menulis Quran, namun ia juga menemukan siswa barunya yang sudah hafal lima juz Quran. “Untuk yang hafidz kami berikan hadiah berupa beasiswa,” ujarnya.

Baca Juga:  Terbukti Aniaya Sopir Taksi Online, Habib Bahar Divonis 3 Bulan Penjara

Untuk bisa lebih mengembangkan minat dan bakat para siswa, pihak sekolah akan kembali menyusun berbagai program yang harus direalisasikan dalam setiap ekstra kurikuler (Ekskul). “Untuk Ekskul akan ada perombakan. Ini tergantung bagaimana hasil tes minat dan bakat peserta didik baru,” pungkasnya. (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat