Hindari Beberapa Hal Ini Setelah Makan Agar Pencernaan Tetap Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Selain rutin berolahraga, menjaga pola makan dan kebiasaan makan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Termasuk hal-hal yang kita lakukan setelah makan juga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh kita.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah santap makan. Jika Anda melakukan hal-hal ini, maka kesehatan pencernaan pun dapat ikut terganggu.

Berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah santap makan, di antaranya:

  1. Mandi

    Saat mencerna makanan, sistem pencernaan memerlukan banyak energi dan aliran darah di tubuh. Namun jika kita langsung mandi setelah makan, maka aliran darah yang mengalir ke kulit akan melepaskan panas dan membuat sistem pencernaan menjadi semakin berat. Oleh karena itu, beri jeda kurang lebih selama 20-30 menit setelah makan bila ingin mandi.
  2. Tidur

    Anda mungkin sering mendengar larangan yang satu ini bukan? Jika kita langsung berbaring setelah makan, maka makanan yang tadinya akan dicerna malah akan berbalik arah. Alhasil, pencernaan pun terganggu dan Anda akan merasakan sensasi terbakar di saluran pencernaan. Setelah makan, cobalah untuk bersantai dulu seperti ngobrol, membaca buku, atau menonton TV.
  3. Merokok

    Merokok sudah jelas tidak baik untuk kesehatan, terlebih lagi jika aktivitas merokok dilakukan setelah makan. Merokok setelah makan dapat membuat bahaya naik 10 kali lipat. Jadi, jauhi rokok jika Anda ingin tetap sehat dan panjang umur.
  4. Makan Buah

    Buah-buahan pada umumnya sangat mudah dicerna dan hanya butuh waktu 20 menit untuk dicerna. Namun jika buah dimakan setelah makan, makanan yang sudah kita telan terlebih dahulu malah akan menghalangi buah yang kita konsumsi sehingga membuat buah tersebut menjadi semakin susah untuk dicerna. Ada baiknya buah-buahan dikonsumsi sebelum makan.
  5. Minum Teh Atau Kopi

    Kalau mau minum teh setelah makan, beri jeda sekitar 1 jam ya ladies. Begitu juga dengan kopi, sebaiknya beri jeda dulu beberapa menit sebelum makan untuk meminumnya.
  6. Jalan Kaki

    Sebenarnya boleh-boleh saja, namun ada baiknya Anda menunggu 30 menit terlebih dahulu sebelum Anda jalan kaki. Selain itu, sangat tidak dianjurkan berlari setelah makan, karena dapat menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan.

Itulah tadi beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah santap makan. Dengan memperhatikan hal-hal ini, diharapkan makanan yang Anda konsumsi dapat selalu dicerna dengan baik dan memberi manfaat untuk tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari The Crazy Facts

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Ini Cuaca Bandung Raya Di Akhir Pekan