Hindari Jenis Makanan Dan Minuman Ini Jika Anda Sedang Diare

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit diare memang bukanlah penyakit yang berbahaya, namun akibat dari penyakit ini sudah pasti akan membuat aktivitas anda terhambat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Diare juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adalah salah makan, kurang tidur, kecapekan atau salah minum.

Agar diare tak semakin memburuk, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari. Mengonsumsi makanan tersebut akan memperburuk keadaan, sehingga proses penyembuhan melambat. Berikut di bawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat anda terkena diare, diantaranya yaitu:

Baca Juga:  KH Ma’ruf Amin: Khittah Nahdlatul Ulama itu Islahiyah, Miliki Makna Ini

Makanan Tinggi Kandungan Gas

Makanan yang memiliki kandungan gas tinggi seperti kacang, brokoli, kembang kol, dan bawang merah, akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam perut dan memperburuk diare. Hindari untuk makan makanan ini selama perut masih terasa tak nyaman.

Makanan Tinggi Lemak Dan Gula

Makanan manis dan juga tinggi lemak nyatanya juga akan memperburuk kondisi perutmu. Kedua makanan tersebut menyebabkan kontraksi dalam usus dan bereaksi dalam organ pencernaan. Mengonsumsi gula juga akan membuat perut kembung dan jadi tak nyaman.

Baca Juga:  Komunitas Rumah Bambu Banjar Ditengok Menteri LHK

Susu Dan Olahannya

Ketika sedang diare, maka hentikan semua konsumsi produk susu dan juga olahannya. Ini karena susu mengandung laktosa dan saat sedang diare, enzim laktase yang mengurainya berkurang. Ini akan membuatmu mengalami kembung dan mual ketika mengonsumsinya. Satu-satunya produk olahan susu yang bisa kamu makan saat diare adalah yogurt. Ini karena yogurt mengandung probiotik tinggi, yang membantu membasmi bakteri penyebab diare. Disarankan untuk memilih yogurt tanpa gula.

Baca Juga:  Kaki Kalian Terkena Banyak Kutu Air? Hilangkan Dengan Cara Ini

Kopi, Teh, Dan Minuman Alkohol

Minuman ini hanya akan menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan anda. Saat diare, tentu minuman ini akan membuatmu merasa tidak nyaman. Anda baru boleh meminumnya sekitar seminggu setelah sembuh dari diare.

Itulah tadi beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda hindari saat anda mengalami diare. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat