Hindari Makan Buah Nanas Secara Berlebih, Ini Dampaknya

JABARNEWS | BANDUNG – Buah Nanas yang bernama latin Ananas comosus merupakan salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, bolivia dan Paraguay. Tumbuhan ini memiliki daun panjang serta berduri, juga tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang rendah.

Sebagaimana kita ketahui buah ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat pada tubuh kita karena buah satu ini kaya dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B dan juga kaya akan serat. Biasanya buah ini banyak digunakan sebagai pembuatan selai, rujak, dan makanan penutup setelah makan nasi.

Baca Juga:  Eiger Support Timnas Panjat Tebing Di Asian Games 2018

Meski begitu kaya akan manfaat buah nanas juga memiliki dampak buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa dampak negatif buah nanas terhadap tubuh:

1. Alergi – Mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan dipercaya dapat menyebabkan alergi, adapun gejalanya yaitu seperti bengkak pada bagian bibir hingga sensasi geli pada tenggorokan. Memang alergi tersebut hanya sesaat saja, tetapi jika dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan efek berkelanjutan lainya.

2. Timbul Reaksi Bromelain – Bromelain merupakan salah satu enzim yang ditemukan pada buah nanas, enzim tersebut diketahui menyebabkan reaksi meningkatnya antibiotik tertentu yang ada dalam tubuh manusia. Dampaknya apabila kita telah mengkonsumsi pengencer darah, akan menyebabkan pendarahan secara terus menerus.

Baca Juga:  Doni Monardo ke Telaga Saat Cisarua Bogor, Ada Apa?

3. Meningkatkan Kadar Gula Darah – Buah Satu ini memiliki kandungan gula darah yang banyak, Apabila kita mengkonsumsi buah nanas berlebihan maka menyebabkan terlalu banyaknya gula darah, halter sebut merupakan pemicu dari gejala Diabetes.

4. Kerusakan Gigi – Nanas yang sangat asam bisa membuat enamel gigi aus. Kerusakan gigi juga lebih buruk jika Anda menyikat gigi setelah mengkonsumsinya. Karena enamel gigi akan melunak akibat asam, sehingga lebih mudah aus ketika menyikat gigi.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Ingat Pesan Ibu untuk Cegah Covid-19

5. Interaksi obat – Karena bromelain dalam nanas bisa mengencerkan darah, maka orang yang mengonsumsi obat pengencer darah lebih baik tidak mengkonsumsinya. Adapun obat-obatan yang bisa berinteraksi ketika Anda mengonsumsi bromelain dalam nanas, termasuk antibiotik, sedatif dan obat anti-kejang.

Penulis: Muhammad Amaludin