HUT TNI AU, KSAU: Lestarikan Nilai Historis Perjuangan

JABARNEWS | SUBANG – Jajaran anggota TNI AU Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta para pelajar SMK Angkasa Lanud Suryadarma mengikuti upacara Peringatan ke-72 Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara, di Lapang Dirgantara Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Senin (9/4/2018).

Upacara tersebut dipimpin Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Suliono sebagai inspektur upacara. Acara itu juga dihadiri Wakil Bupati Subang H.Ating Rusnatim, Ketua DPRD Subang Ir.Beni Rudiono, Unsur Muspida Kab.Subang, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, yang disampaikan Danwing 8 Lanud Suryadarma, mengatakan, momentum peringatan HUT AU pada hakekatnya merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian sejak awal kelahirannya.Sehingga, ingatan kita akan selalu kembali kepada jasa para pahlawan, khususnya para perintis dan pendahulu Angkatan Udara.

Baca Juga:  Pria Asal Bekasi Ini Berjalan Kaki ke Istana Negara, Ini Sebabnya

“Setiap tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk terus menggali dan terus menggali semangat pengabdian, pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh dan senior Angkatan Udara yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi pertahanan negara di udara, yang implementasinya sangat relevan bagi keberadaan TNI AU di masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang,” ujarnya.

Selanjutnya, seiring perkembangan lingkungan strategis serta pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan, memicu munculnya bentuk ancaman baru dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hubungan antarnegara seakan tanpa batas, menyebabkan tantangan yang dihadapi Angkatan Udara ke depan semakin berat.

Baca Juga:  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Kedua Dibuka 20 April

“Mengantisipasi berbagai tantangan terhadap dinamika tersebut, TNI Angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk dapat mewujudkan hasil yang optimal dengan kekuatan dan kemampuan TNI AU yang dimiliki saat ini,” tegasnya

Harus disadari, kata dia, menjaga kondisi alat utama sistem senjata udara agar tetap siap operasional, tentu bukan masalah yang mudah, karena berkaitan dengan kesiapan seluruh komponen angkatan udara, yang berupa kesiapan prraersonel, alutsista, pangkalan udara, fasilitas dan sarana lainnya termasuk ketersediaan anggaran.

Baca Juga:  Soal Guru Besar yang Tolak RUU Kesehatan Hanya Termakan Provokasi Hoaks, Kemenkes: Mereka Tidak Tabayun!

Kemudian, seluruh personel Angkatan Udara, dalam melaksanakan tugas agar membuat perencanaan yang baik, saling bersinergi dan bekerjasama dengan segenap komponen bangsa dan rakyat dalam menyelesaikan tugasnya.

“Tunjukkan, personel TNI Angkatan Udara adalah insan dirgantara yang mengerti dan memahami akan tugas serta tanggung jawabnya dalam menjaga pertahanan negara di udara” katanya .

“Saya tekankan kepada seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalam politik praktis serta menjaga netralitas TNI dalam proses pilkada,” tambahnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat