Ikuti Upacara, Oded M Danial: Pancasila Itu Sesuatu Yang Final

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan yang digelar secara virtual untuk mengingatkan kembali masa-masa kelam yang pernah menimpa Indonesia.

Usai mengikuti upacara, Oded mengaku mendapatkan nilai-nilai Pancasila semasa muda. Maka itu kata Oded, anak muda hari ini juga mesti memiliki semangat yang sama dalam menghayati Pancasila.

Baca Juga:  Pilkada 2020, Golkar Jabar Optimis Menang di 5 Daerah

“Pancasila itu sesuatu yang final. Dia adalah hasil pemikiran dari founding father atau pendiri negara ini,” katanya, Kamis (1/10/2020).

Dia menyatakan, tidak ada hal yang bisa menggeser Pancasila sebagai dasar negara. Karena Pancasila menjadi ruh dari segala nilai luhur budaya bangsa, dan menjadi nafas yang dihembuskan semua agama.

Baca Juga:  Kepada Dedi Mulyadi, Penarik Becak Ini Mengaku Terpaksa Tidak Pulang, Ini Alasannya

“Nilai-nilai Pancasila itu pasti sejalan dengan agama apapun,” ucap Oded.

Dia percaya, setiap agama mengajarkan kebaikan, sebagaimana Pancasila yang harus tertanam dalam jiwa setiap warga negara.

“Saya sebagai orang Islam tidak setuju kalau ada yang mengatakan Pancasila itu bertentangan dengan Islam. Sila pertamanya saja Ketuhanan yang Maha Esa, artinya Pancasila diperuntukkan bagi seluruh umat beragama,” katanya.

Baca Juga:  BPS: Penduduk Miskin Berkurang 2,56 Juta Jiwa Tiga Tahun Terakhir

Dalam kesempatan itu, Oded mengimbau kepada seluruh warga Kota Bandung, khususnya generasi muda, agar memperteguh keyakinannya akan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia.

“Anak-anak muda ini yang menjadi penerus tongkat estafet perjuangan. Jangan sampai nilai-nilai mulia yang telah dibangun oleh pendahulu kita ini disia-siakan,” pungkasnya. (Red)