Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia, Platform Digital Jadi Solusi

Platform digital menjadi solusi dan mendorong peningkatan ekspor UMKM dan produk halal. (Istimewa)

Kemudian Asisten Deputi Ekonomi dan Keuangan Setwapres Ahmad Lutfi, Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Diana Yumanita, 

Lalu Kepala Divisi Pengembangan Produk Halal KNEKS (Komite Ekonomi dan Keuangan Syariah) Ahmad Iqbal, Pengelola Global Halal Hub Amalia Prabowo dan Sony Juwono, serta para pelaku usaha platform digital ekspor.

Global Halal Hub adalah ekosistem UMKM Halal  yang dibina Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan untuk mendukung refocusing Wakil Presiden di bidang pengembangan industri halal dan ekonomi syariah. 

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Masuk Desa Ini Wajib Disemprot Disinfektan

“Kami memetakan dan membahas masalah-masalah ekspor UMKM halal dan kami koordinasikan dengan instansi terkait untuk solusinya,” ungkap Lukmanul Hakim. 

Tim Stafsus Wapres Bidang Ekonomi Keuangan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) secara hybrid untuk mendorong produk halal yang dihadiri sejumlah menteri.

Yakni Menko Perekonomian, Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Perindustrian, dan Menteri Perdagangan serta sejumlah pejabat dari berbagai kementerian. Hasil dari FGD ini memperkuat ekosistem Global Halal Hub.