Ingin Usus Kalian Tetap Sehat? Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat ini

JABARNEWS | BANDUNG – Menderita kembung, sembelit atau diare tentu sangat tidak nyaman. Masalah pencernaan ini seringkali terjadi karena kondisi usus yang tak sehat.

Secara medis, kesehatan usus meliputi pencernaan dan penyerapan makanan yang efektif, mikrobiota usus normal dan stabil, status kekebalan efektif serta tidak ada penyakit gastrointestinal. Mengukur tingkat kesehatan usus yang tepat memang bukan hal yang mudah. Namun, ada cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan usus.

Oleh sebab itu dilansir dari berbagai sumber kami berhasil merangkum beberapa cara merawat kesehatan usus yakni:

Baca Juga:  Polri Siapkan Operasi Pengamanan Pemilu 2024, Penyebaran Hoaks Jadi Fokus Utama

Pertama. Sayuran hijau – Tekstur sayur-mayur yang berserat dapat membersihkan usus dari racun dan kotoran yang menempel di dinding. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari racun.

Sayuran jenis ini menyehatkan usus karena mengandung serat yang dapat membersihkan usus. Selain itu, kandungan asam folat, vitamin, dan mineral di dalamnya juga baik untuk usus.

Baca Juga:  Longsor di Tasikmalaya, Satu Orang Tewas dan Satu Rumah Hancur

Kedua. Bawang Putih – Untuk merawat kesehatan usus bawang putih juga merupakan makanan yang bisa menyehatkan usus kalian, hal tersebut karena kandungan yang terdapat pada bawang putih.

Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga terkenal sebagai antibakteri alami. Menurut beberapa studi kecil, bawang merupakan makanan yang baik untuk usus. Konsumsi bawang putih bisa menurunkan adenoma, yaitu pertumbuhan non-kanker dalam usus besar.

Ketiga. Teh Hitam dan Hijau – Untuk menjaga kesehatan kulit teh hijau dan teh hitam merupakan salah satu solusi yang bisa kalian konsumsi, Pasalnya teh jenis ini terbilang mudah dalam mengolahnya. Bahkan tumbuhan ini bisa mencegah berkembangnya sel kanker.

Baca Juga:  400 Personil TNI-Polri Kawal Penghitungan Suara

Selain bisa menghalangi pertumbuhan sel kanker, senyawa dalam teh hitam dan hijau juga bisa membantu tubuh untuk menonaktifkan agen penyebab kanker. Kedua jenis teh ini juga mengandung senyawa antioksidan, yang disebut catechin yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker usus besar. (Red)