Ini Ciri Motor Jika Kekurangan Oli, Jangan Dibiarkan!

JABARNEWS | BANDUNG – Ciri motor kekurangan oli mesin merupakan salah satu hal yang penting untuk kita ketahui. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja bisa mengakibatkan masalah lain muncul.

Untuk mengetahui ciri motor kekurangan oli, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Sehingga, dengan mengetahui ciri tersebut kalian menjadi tahu kondisi motor.

Berikut beberapa ciri motor kekurangan oli yakni:

Baca Juga:  Petugas Gabungan Tinjau Sejumlah Desa Dikepung Banjir di Cirebon

Pertama. Bunyi Mesin Kasar – Tanda yang muncul saat motor kurang oli yakni terdengarnya suara mesin yang berisik akibat benturan. Sebagaimana kalian ketahui, Oli berfungsi mengurangi gesekan mesin.

Bunyi yang keluar saat oli mesin sudah habis akan terdengar seperti benturan dari dua bahan logam, bunyi ini berasal dari katup dan rocker arm yang tidak bisa mendapatkan asupan pelumas dari oli.

Baca Juga:  KPK Geledah Kantor Kemensos Terkait Kasus Korupsi Bansos Beras

Kedua. Motor kurang bertenaga – Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan sepeda motor terasa lebih mudah untuk dikendarai.

Dan sebaliknya jika oli sudah mulai habis maka mesin tidak bisa terlumasi dengan baik jadi sepeda motormu akan terasa lebih berat saat digunakan.

Baca Juga:  Mendikbud Bakal Hapus Mapel Sejarah, Nadiem Makarim Dinilai Begini

Ketiga. Mesin Mati Tiba-Tiba – Oli mesin sepeda motor yang sudah habis juga bisa ditandai dengan mesin yang mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan.

Dan biasanya kalian juga akan kesulitan untuk menyalakan kembali sepeda motor terutama saat menggunakan electric starter. (Red)