Ini Hasil Elektabilitas Capres-Cawapres: Prabowo-Gibran Semakin Kokoh!

Prabowo-Gibran
Calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Detik.com).

Kedua, Ganjar-Mahfud cenderung menurun dan stabil di bawah 27 persen. Ketiga, Anies-Muhaimin stabil menanjak, bahkan kini melampaui Ganjar-Mahfud.

“Akhir Desember 2023 adalah kali pertama elektabilitas Anies-Muhaimin melampaui elektabilitas Ganjar-Mahfud,” ucap Adjie.

Menurut Adjie, terdapat tiga alasan mengapa elektabilitas Prabowo-Gibran stabil menanjak, yaitu popularitas Prabowo yang tinggi; Gibran semakin populer dan disukai; serta adanya migrasi pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo kepada pasangan calon nomor urut 2 itu.

Baca Juga:  Ini Janji Prabowo untuk Lawan Politiknya Jika Terpilih Jadi Presiden di Pilpres 2024

Terkait menurunnya elektabilitas Ganjar-Mahfud, Adji menjelaskan hal itu terjadi karena pemilih basis Jokowi hengkang dari kubu Ganjar-Mahfud; pasangan calon nomor tiga itu dinilai plin-plan terhadap Jokowi; serta slogan “Gerak Cepat Indonesia Unggul” belum memberikan efek elektoral.

Baca Juga:  UKPBJ Kabupaten Bandung Barat Kejar Tingkat Kematangan Level 3 Proaktif

Berikutnya perihal elektabilitas Anies-Muhaimin melampaui Ganjar-Mahfud, penyebabnya adalah pasangan calon nomor urut 1 itu semakin tegas menjadi oposisi dan mengusung perubahan; basis pemilih yang tak suka Jokowi kian bermigrasi; dan ada pula limpahan suara dari Ganjar-Mahfud.

Baca Juga:  Blak-blakan! Maruarar Sirait Beberkan Alasan Mundur dari PDI Perjuangan, Ternyata Karena Ini