Ini Penyebab Patah Tulang, Diantaranya Osteoporosis

JABARNEWS | BANDUNG – Pada dasarnya, tulang bersifat kaku, kuat, dan kokoh, yang dapat menopang tubuh dan membantu manusia untuk bergerak. Meski demikian, jaringan yang kaku dan kuat ini dapat patah pada sewaktu-waktu hingga menimbulkan berbagai gejala patah tulang.

Selain itu fraktur juga bisa berupa kondisi tertentu yang melemahkan tulang. Pada kondisi ini, tulang menjadi rentan patah dan bisa menjadi serius meski hanya mendapat tekanan yang ringan.

Baca Juga:  Inilah Tips Cara Jaga Kesehatan Lambung Saat Berpuasa

Oleh Sebab itu berikut beberapa penyebab fraktur atau patah tulang yakni:

Pertama. Cedera atau trauma – Cedera atau trauma adalah penyebab fraktur yang paling sering terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh jatuh, kecelakaan motor atau mobil, cedera saat berolahraga, atau pukulan dan benturan langsung ke arah tubuh.

Penyebab ini dapat terjadi pada siapapun, baik patah tulang pada anak maupun orang dewasa, termasuk bagi yang merasa sehat sekalipun. Karena hal tersebut tidak dapat kalian duga.

Baca Juga:  Peringati HPN, Kajari Cianjur Minta Insan Pers Berikan Informasi Mendidik

Kedua. Osteoporosis – Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang menjadi lebih rapuh akibat kerusakan tulang atau kepadatan tulang yang rendah. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab patah tulang.

Pada kondisi ini, tulang menjadi rentan patah meski hanya mendapat tekanan kecil, seperti jatuh yang tidak parah, benturan ringan, atau hanya melakukan gerakan sehari-hari, seperti memutar atau membungkukkan badan.

Baca Juga:  Seorang Pedagang Helm Ini Sumbangkan Masker di Kantor Polisi

Ketiga. Gerakan berulang – Gerakan berulang atau terlalu sering menggunakan bagian tubuh yang sama, seperti berlari atau melompat, dapat menekan tulang di area tubuh tersebut hingga menyebabkan patah atau retak.

Kondisi ini umumnya menimbulkan patah tulang kaki (termasuk pergelangan kaki dan tungkai) atau patah tulang pinggul, serta jenis fraktur tertentu, yaitu fraktur stres atau hairline. (Red)