Inilah 5 Tips Aman Berkendara Di Bulan Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi Anda yang beraktivitas di kota besar seperti Bandung, salah satu yang tak bisa dihindari adalah kemacetan. Tak hanya di Jakarta saja, Bandung pun kini sudah menjadi langganan macet di beberapa titik tertentu. Meski kemacetan dapat mempengaruhi tingkat emosi Anda saat berkendara, namun kemacetan bukanlah suatu alasan bagi Anda untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

Saat berkendara dalam situasi puasa pun Anda harus lebih berhati-hati karena puasa berpotensi menurunkan konsentrasi, penglihatan dan juga reaksi terhadap kondisi dadakan.

Selama bulan ramadan, masalah yang paling sering dihadapi saat berkendara adalah kantuk di pagi hari dan kemacetan luar biasa di sore hari. Hanya saja hal ini sering diabaikan oleh para pengendara, sehingga dapat mengakibatkan risiko buruk terjadi.

Baca Juga:  Hati-Hati!! Angkut Orang Pakai Kendaraan Bak Terbuka di Purwakarta Bakal Ditindak

Oleh karena itu, agar puasa Anda tetap lancar, pekerjaan tak terganggu, dan bisa berbuka puasa bersama keluarga di rumah, maka berikut di bawah ini adalah beberapa kiat yang dapat Anda coba, diantaranya:

1. Tidur Cukup

Jika Anda seorang pekerja yang setiap harinya harus pergi pagi ke kantor dengan membawa kendaraan, maka Anda harus mengoptimalkan waktu tidur pada malam sebelumnya. Sebisa mungkin hindari kegiatan yang dapat mengurangi waktu istirahat Anda, seperti jalan-jalan atau nonton. Tidur yang cukup dapat menjadi solusi menghindari kantuk saat puasa, sehingga perjalanan ke kantor tetap aman.

2. Sopan Di Jalan

Berusahalah untuk selalu berkendara dengan sopan dan tertib di jalanan. Terutama saat jam-jam padat, karena hal ini sangat membantu mengurai dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

Baca Juga:  Kemenhub Sediakan Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

3. Kurangi Kecepatan

Kantuk dan lelah memang dapat mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, jangan hanya karena alasan agar cepat sampai ke rumah, lalu Anda memacu laju kendaraan dengan cepat. Berkendaralah dengan kecepatan wajar dan sesuai kondisi jalanan.

4. Gunakan GPS

Saat ini sudah tersedia beberapa pilihan layanan pemantau kondisi lalu lintas melalui gawai. Optimalkan fungsinya untuk memantau kondisi jalanan, sehingga kamu dapat memilih rute tercepat untuk sampai ke tempat tujuan.

5. Kendalikan Emosi

Saat berpuasa, terutama menjelang berbuka, biasanya Anda ingin sampai tempat tujuan dengan cepat. Banyak dari kejadian seperti ini yang malah menjadi bumerang, karena ingin sampai tujuan dengan cepat, banyak pengendara yang tidak memedulikan orang lain. Dan hasilnya, banyak kecelakaan terjadi karena alasan ini. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengatur emosi Anda saat berkendara. Sabar dan jangan mengumpat saat menyetir

Baca Juga:  Ini Pesan Kiai Said Aqil kepada AHY

Nah itulah tadi lima langkah berkendara dengan aman saat berpuasa. Dengan menerapkan kiat-kiat yang telah dijelaskan di atas, semoga puasa Anda tetap lancar dan berkendara pun tetap aman. Ingat, keselamatan Anda dan keluarga lebih penting dari pada mengumbar emosi. Selamat menjalankan ibadah puasa. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat